you're reading...
daily's blings, Thoughts to Share

You Can Do It!

Aku adalah orang yang takut ketinggian. Punya fobia naik pesawat terbang dan sering berimajinasi yang tidak-tidak saat berada di dalam ruang sempit. Ketakutan-ketakutan semacam itu jelas membuatku tidak nyaman. Siapa yang nyaman menghidupkan rasa takut dalam hatinya, kan? Kurasa, tidak ada seorangpun yang mampu merasa nyaman. Tidak pula aku.

Sampai hari ini, aku paling menolak kalau disuruh traveling dengan memanfaatkan jasa penerbangan. Bahkan kalau ada tawaran dari Superman untuk menggendongku terbang, no matter how handsome he is, aku bakal bilang, “Maaf, Superman. Go find your Lois Lane. Aku bukan perempuan seberani dia.”

Atau kalau berada di dalam sebuah tabung lift, aku suka merinding sendiri membayangkan kalau liftnya macet atau tali-nya putus, lalu terjadilah tragedi seperti di dalam film Speed. Liftnya melorot dan penumpangnya berteriak histeris lalu… the rest is history.

Sama takutnya ketika aku harus berdiri di ketinggian. Misalnya, berdiri di sebuah teras apartemen yang menjulang tinggi, bersandar di sebuah ring mal, pokoknya berada di tempat-tempat yang tinggi. Aku selalu takut dan mulai memanjakan imajinasiku. Bergidik aku membayangkannya, jadi aku memilih untuk tidak menempatkan posisiku di sana.

Itulah kenapa, ketika aku kemarin ikut outbound di acara kantor, saat ditantang untuk melakukan Flying Fox, aku lumayan mengkeret juga. Pertama, itu adalah pengalaman pertamaku ber-flying fox-ria. Dan kedua, aku takut ketinggian! Sekalipun dilengkapi perangkat yang aman saat bergelantungan di atas tali, tetap saja aku harus naik ke atas pohon yang menjulang tinggi, tanpa pengaman, hanya bermodal tali-temali yang terjalin menjadi tangga.

Gila, kan?

Sembari menunggu giliran, hatiku dag-dig-dug luar biasa. Membayangkan sling-nya bakal putus, lah. Atau aku bakal jatuh saat naik tangga, misalnya. Duh, aku deg-degan! Sangat!

Tapi kamu tahu?

Ketika samar-samar aku mendengar kawan-kawanku bercerita satu sama lain bahwa ini adalah a piece of cake untuk seorang Lala; yang mereka anggap sebagai perempuan tomboi yang pemberani, yang naik Flying Fox adalah tidak menakutkan, dan ya, mereka menganggap aku bukan perempuan biasa yang menye-menye lalu histeris ketakutan… somehow, aku merasa mendapatkan suntikan energi yang luar biasa dahsyat.

Mereka bilang, “Kalau Lala sih, pasti berani…”

Mereka juga bilang, ” Ah, ini sih enteng buat Lala…”

Di saat perempuan lain bergetar ketakutan, mereka menganggap bahwa aku sudah terbiasa menghadapi hal-hal yang seperti ini. Oh, Boy! Andai mereka tahu kalau sebelum aku mencuri dengar kalimat-kalimat yang meluncur keluar dari mulut mereka, aku sempat merasa jantungku bergerak di luar relnya lalu… kaboom! Aku bisa pingsan, semaput, nggak sadarkan diri, karena memanjakan rasa panik.

Tapi memang, ketika samar-samar mendengar mereka tidak meragukan nyaliku, mereka memercayai bahwa aku bisa melakukannya, sepertinya ada sebuah tenaga yang mendorongku ke atas, memantapkan setiap pijakan kakiku, dan membesarkan nyaliku.

I can do it.

I can do it.

People believe that I can do it.

Why on earth I don’t believe my self?

Pemikiran semacam itu terus bergema di dalam otakku, membuatku semakin yakin bahwa aku bisa melakukannya.

Dan benar.

When I was up there, up in the tree, lebih lima belas meter di atas permukaan tanah, dengan sling yang membentang sangat jauh dan nampak kecil, aku bersiap meluncur. Memercayai bahwa aku mampu, memercayai bahwa aku in the good hands.

Dan aku pun menarik nafas panjang sebelum akhirnya meluncur. Voila! Dalam satu hentakan, aku berhasil mengenyahkan rasa takutku!

Seeerrrrrrrrrrr…

I’m flying….!

Ketakutanku melayang pergi, terbawa angin yang berhembus di permukaan kulit tubuhku. Hilang sudah semua ketakutan itu, yang ada malah… rasa nagih! Haha… Aku pun melayang dengan Flying Fox sampai dua kali, Kawan! 🙂

**

Later that day, I had a thought.

Terkadang, kita nggak pernah menyadari potensi diri kita sendiri dan memanjakan rasa minder, ketakutan, atau kekhawatiran yang berlebihan. Padahal, ada orang-orang di luar sana yang memiliki keyakinan luar biasa bahwa kita mampu, bahwa kita capable, bahwa kita bisa melakukannya, menakhlukannya.

Kemarin, aku menanggalkan ketakutanku dengan memercayai bahwa aku memang mampu seperti yang disangka orang. Bahwa aku memang pemberani seperti yang dianggap orang.

Rasa percaya mereka padaku telah berhasil membuatku percaya pada diriku sendiri, mensugesti pikiranku bahwa aku memang mampu.

Kalau orang lain menganggap aku bisa, kenapa aku malah tidak percaya diri, kan? Buktinya, aku pun melayang dengan suksesnya dan sekarang jadi terbayang-bayang untuk melakukanya lagi…

Someone wants to join me? 🙂

***

Kantor, Rabu, 17 Maret 2010, 8.30 Pagi

About Lala Purwono

Dreamer. Writer. Lover. Follow her twits @lalapurwono.

Discussion

48 thoughts on “You Can Do It!

  1. berarti tinggal nunggu giliran naik pesawat ke London yah mba’ ^^

    yukz maen flying fox lagi….

    Posted by Inge | March 17, 2010, 8:52 am
  2. jadi inget quote ini :

    “you are what you think you are” – the secret

    “i believe i can fly ” —> yg ini judul lagunya R kelly sih,hehe:D

    and my favourite quote is :

    to do is to be – socrates
    to be is to do – plato
    do be do be doo – scooby doo

    kalo saya pengen coba lompat dari pesawat alias skydiving,hehehe..

    tapi bungee jumping aja diriku belon pernah la,gak bertahap banget kayaknya ya kalo langsung skydiving..

    ayoo kamu pasti bisa * tereak ala takeshi’s castle:D

    Posted by didot | March 17, 2010, 9:15 am
    • Wekekekeke… Aku ngakak baca quote-nya Scooby Doo, Dot! 😀
      Soal Skydiving, not in a million years deh.. Wong naik pesawat aja nggak berani, apalagi melompat dari atasnya… gile aja, Dooott… Nggak deh, makasih… *emang siapa yang nyuruh, La?* hehehe

      Posted by jeunglala | March 17, 2010, 10:09 am
      • hehe… masak sih gak berani naek pesawat? trus kalo keluar kota naek apa la?? masak naek getek eh kapal laut??

        katanya pemberani??:D

        Lala:
        Kan ada kereta, Dot… Terus ada bis juga… Belom berani luar pulau, nih… hehehehehe

        Posted by didot | March 17, 2010, 11:01 am
      • kamu mengingatkan pada si B.A dalam film the a team aja,badannya gede tapi takut kalo terbang,jadi nyusahin:D

        btw itu gayanya udah kayak burung banget lho,jangan2 kamu pernah berandai2 terlahir sebagai burung (elang bondol)

        Posted by didot | March 17, 2010, 12:05 pm
      • Wekekekekeke
        ogah banget aku disamain kayak BA… 😛

        Aku terlahir sebagai puteri duyung, makanya bawaannya pengen berenang aja… wekekekekeke

        Posted by jeunglala | March 18, 2010, 9:39 am
    • Do be do be do.. bukannya gita gutawa yah???

      Posted by anna | March 17, 2010, 1:57 pm
  3. Selamat dan sukses utk Jeung Lala yang dgn luar biasa mampu mengalahkan fobia nya pada ketinggian.
    Belum tentu semua orang mampu melakukannya.
    Good job ,Jeung !……. * keplok2 standing applaus* 😀
    salam

    Posted by bundadontworry | March 17, 2010, 9:45 am
  4. laaaaaaaaaaa, bedaknya keputihaaaannn!!

    ayo sini ke malang, main sama aku ^^

    Posted by nengbiker | March 17, 2010, 10:15 am
  5. wahhh saya juga takut dengan ketinggian hikz hikz,,,
    apalagi main kek gituan ampun dechhh heh

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya he
    salam blogger
    makasih
    😀

    Posted by darahbiroe | March 17, 2010, 10:27 am
  6. saya juga takut ketinggian mbak, naik pesawat waktu take off pasti merinding, deg-degan 😆

    Posted by mas stein | March 17, 2010, 11:07 am
  7. Keren banged fotonya, La.
    Diriku sekarang juga penakut lho, mungkin faktor U ya kekekeke…

    Posted by zee | March 17, 2010, 12:59 pm
  8. wuhuuyyy asik bangeeet 😀
    mau mau mau!

    Posted by Darin | March 17, 2010, 1:24 pm
  9. Aduuh.. saya sih ga fobia pada ketinggian, tapi kayaknya ga bakalan punya nyali untuk ber-flying fox, haha! Top banget kamu, La… 🙂 Mantaps!

    Posted by g | March 17, 2010, 1:33 pm
  10. hehehe… selamat deh akhirnya bisa ‘terbang’
    kadang ya itu tadi kita sering under estimate dengan kemampuan diri sendiri. a.k.a minder bin gak pede. setiap orang punya potensi yang tersembunyi… dan butuh keberanian untuk memperlihatkan….

    emang kemarin aku mo ke sulawesi gak takut terbang apa?? kebayang adam air yang hilang.. penerbangan dari surabaya ke makassar… 😦
    tapi aku pasrah aja.. alhamdulillah selamat sampe tujuan dan pulang ke jogja

    Posted by anna | March 17, 2010, 2:00 pm
  11. I’m so agree with you, but as long as it’s not like you believe that you can fly, and jump off without those ropes on… xD

    SUPERLALAAA TERBANGGG

    Posted by Dewa Bantal | March 17, 2010, 3:28 pm
  12. wahhh selamat yah udh bisa menaklukkan rasa takut itu 🙂

    Posted by an9el | March 17, 2010, 5:06 pm
  13. yang aku takutin sih la,
    bukan ketinggiannya
    tapi… apakah tali itu mampu menahan beban gajah?
    proficiat ya…
    tinggal pesawat deh, sby-jogja aja yg paling singkat ;))

    EM

    Posted by ikkyu_san | March 17, 2010, 5:36 pm
    • Hahahaha…
      Kuat kok, Siissss… Sudah teruji dan terbukti 🙂
      Bisa menahan bobot sampai 250 kilo koookk.. Ayooo, ayoooo kita flying fox, yuk?

      Surabaya-Jogja? Hihihi… naik kereta aja, deh… hehehehe

      Posted by jeunglala | March 18, 2010, 9:59 am
  14. kapan kapan memakai jasa penerbangan bareng aku yuk …………….ke bali tapinya ya jeung
    u teryata mampu dan pasti bisa rilex juga kan…….hehehe
    salam dalam kehangatannya aku

    Posted by kezedot | March 17, 2010, 7:23 pm
  15. wuiii hebat!!! 🙂

    gua juga lumayan takut ama ketinggian. tangan ama kaki bisa basah. hehe. tapi untungnya gak takut kalo naik pesawat. hehe. rugi dong la kalo takut naik pesawat jadi gak bisa jalan2. hehehe.

    Posted by arman | March 17, 2010, 11:06 pm
    • Kalau aku kan sepaket, Man. Nggak berani ketinggian, nggak berani pula naik pesawat… hehehe…
      Ntar aku mau traveling darat aja, Man… Makanya aku belum mau traveling ke luar negeri… wakakaka… padahal aslinya nggak punya duit tuh… 😀

      Posted by jeunglala | March 18, 2010, 2:20 pm
  16. Kereeen … !! Fotonya bagus banget La (eh, modelnya maksudku … 😀 )
    Mau dong terbang sama Lala, digendong di punggung gitu 😀

    Good girl, brave girl!

    Posted by tutinonka | March 18, 2010, 10:19 am
  17. Aku aja belum pernah naik flying fox, padahal pernah mengadakan acara ini untuk tim kantor. Pas semua anak buah selesai main semua, aku pura2 lupa. He he…Soalnya pohonnya tinggi banget dan di hutan. (ngeles.com).
    Benar katamu La. Terkadang orang lain bisa melihat apa yang tidak bisa kita lihat dalam diri kita. Semoga kita selalu dikelilingi orang2 yang mampu melihat potensi kita. Kalau tidak, tamatlah kita.

    Posted by Hery Azwan | March 18, 2010, 1:30 pm
    • Huekekekeke… usaha ngeles yang luar biasa dahsyat.. 🙂
      Betul Bang. Sometimes we don’t value ourselves, sementara orang lain menghargai kemampuan kita sedemikian rupa.
      Sama seperti seorang Hery Azwan yang melihat potensi Lala Purwono. Entah apa yang terjadi kalau dulu Abang nggak pernah bilang kalau aku bisa menulis… 🙂

      Posted by jeunglala | March 18, 2010, 2:26 pm
  18. Ketakutakan hanyalah sebuah ilusi dari permainan pikiran.
    Selama pikiran dibayangi oleh ilusi-ilusi yang tak bermakna, akan menjadi bias dalam perilaku.

    Posted by Dahrun Marada | March 18, 2010, 2:32 pm
    • Betul.
      Semua kan memang berawal dari pemikiran semata. Kalau kita berkonsentrasi untuk selalu positif, mungkin akan lebih mudah untuk menyingkirkan ketakutan itu.
      Tapi sayangnya..
      Susah bener, ya? 😦

      Posted by jeunglala | March 18, 2010, 4:28 pm
  19. yup, potensi itu jadinya malah terkubur sama pikiran2 negatif yg malah jadinya meracuni ya mba. congrats buat penaklukannya 😀

    Posted by pandaya | March 18, 2010, 2:57 pm
  20. Kali ini saya tidak bercanda …
    Kali ini saya serius …

    Itu fotonya keren punya !!!

    Salam saya

    Posted by nh18 | March 18, 2010, 4:21 pm
    • Hehe… kebetulan temenku nangkepnya bisa pas gitu, Yah… Dari satu kali seluncuran itu, aku punya beberapa seri foto. Yang ini yang paling layak tayang, Yah.. Ada beberapa yang mukenye ancur banget karena nggak bisa mendarat dengan sempurna… wakakakakkaka

      Posted by jeunglala | March 18, 2010, 4:32 pm
  21. Yeah! Harus yakin dan bisa!! ^_^

    Posted by Asop | March 18, 2010, 11:26 pm

Leave a Reply

Catatan Harian

March 2010
M T W T F S S
« Feb   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Celotehan Lala Purwono

