you're reading...
daily's blings

The Blings of My Life

Happy 2nd Birthday, Ms Blings!

Ya, Kawan.

Persis dua tahun yang lalu, di tanggal yang sama, aku masih berkutat di depan layar komputer sambil merancang sebuah blog yang belum bernama, belum beralamat.

‘Adik’ku, Bebek Bawel, yang menyuruhku untuk segera nge-blog karena dia bilang, “Elu bisa nulis, Sis. Nulis, gih!”

Aku memang suka menulis, tapi menulis di online diary? Uh, My! Aku kan orangnya penakut banget. Minder kalau tulisanku bakal dibaca banyak orang dan takut kalau mereka mencaci maki tulisan-tulisan yang kubuat. Tulisan-tulisan yang dalam setiap remah katanya adalah hasil perasan otakku, juga energi yang kuhabiskan untuk melek sampai tengah malam.

Tapi, Bebek Bawel terus-menerus mendukungku. “Ayo, lah, Sis… Bikin blog, ya… Plis!”

Dan aku pun mulai menulis lalu terdampar di depan komputer lalu mengunyah kebingungan demi kebingungan.

Pertama: apa alamat blog ini? Situs blog gratisan apa yang kupakai?

Akhirnya kupilih wordpress.com karena situs ini memiliki dashboard yang paling user friendly. Lantas alamatnya? Duh. Aku pun memutar otak. Bingung, pasti. Alamat situsnya harus gampang, nggak usah beribet, dan gampang diingat. Apa, ya?

Setelah berpikir dan berpikir, akhirnya aku menemukan alamat situs yang paling cihui saat itu, serta paling orisinil dari semua alamat yang sudah kurancang. Kupilih: jeunglala saja. Julukan ‘Jeung’ sudah terlanjur menempel di namaku sejak aku aktif di milis Cita Cinta, sejak akhir 2007 kemarin. Jadi, sekalian, deh, kutempelkan sebelum namaku.

Alhamdulillah, proses pencarian alamat blog pun tuntas.

Tapi, perjuangan belum berakhir, karena aku musti berpikir, “Lah, judul-e opo?”

Dari dulu, aku suka sekali dengan kata BLING. Entah kenapa, terasa begitu genit, begitu centil, tapi cantik — yah, sama lah, kayak yang punya blog! Haha.

Kucoba memadumadankan kata BLING dengan kata yang lain, sampai kemudian aku menemukan padanan yang paling pas, menyimpan filosofis, dan tidak sekadar ganjen.

Ya, akhirnya namanya menjadi The Blings of My Life, yang jika diterjemahkan secara bebas artinya “Kedipan-kedipan dalam hidupku“. Sebuah kehidupan seorang Jeung Lala yang berkedip-kedip genit, centil, ganjen, tapi mencoba untuk memberikan warna kepada semua yang mengenalnya *tsah!*πŸ˜€

Dan, kebingungan berikutnya adalah:

Apa tujuanku menulis? Apa yang akan kutulis?

Hm.

Aku ingin menulis apa saja! Apapun, deh. Mau cerpen, novel,Β essay, curhat,Β daily blings, puisi… Apapun! Toh ini adalahΒ blogku, aku bisa menulis apapun yang aku mau, sekalipun aku dibatasi oleh koridor-koridor moral yang selalu kupatuhi. Tidak ada SARA di sini. Silahkan obrak-abrik, deh, dan kamu pasti tidak akan menemukannya. Aku memang bukan orang yang suka merasa paling benar, aku sendiri perlu dibenahi, jadi kalau untuk menyindir orang lain sepertinya itu bukan wilayahku. Ya, semoga saja begitu, deh. Mudah-mudahan selama ini aku sudah begitu..πŸ™‚

Dan setelah menemukan formula yang tepat untuk blog tercintaku ini, akhirnya aku mulai dengan lancar menulis. Sangat lancar, malah.

Tahun pertama aku ngeblog, tulisanku mengalir deras sampai 437 tulisan! Keren, kan? *muji diri sendiri*πŸ˜€ Saat itu, sehari aku bisa menulis sampai 9 tulisan. Sampai kini, aku masih geleng-geleng kepala dan mencoba mengingat-ingat, bagaimana caranya aku mendapatkan energi serta ide untuk menulis sebanyak itu.

Lalu tahun kedua, nafsu ngeblog-ku mulai mengendur karena FB yang jahanam – hihi, maaf, ya, Fesbuk – sekalipun aku kembali menemukan semangatku di satu bulan terakhir ini, sejak Papi meninggal dunia, karena aku seolah mencari pelampiasan rasa sedihku dengan banyak menulis. Di tahun kedua ini, aku hanya menulis sebanyak 206 tulisan. Hampir separuh dari jumlah tahun kemarin.

Tapi apakah memang aku tidak menulis sebanyak tahun kemarin?

Oh tidak. Aku banyak menulis cerita, setahun kemarin. Tulisanku banyak tercecer di beberapa blog; di blogspot, serial Curhat Kelana, novel The Second Wives Club, Lala Bicara Cinta, dan yang terakhir adalah novel Bulimia Rhapsody. Memang banyak yang mandek tengah jalan, novel-novel yang belum juga kelar sampai hari ini. Alasannya kenapa? Tentu saja karena aku moody, seperti yang kuceritakan di 2 tulisan sebelumnya.

Tulisan di blog-blog itu tentu tak terhitung dengan tulisan yang murni kutulis di notes Fesbuk, di saat aku selingkuh sampai berbulan-bulan di sana. Jadi, kalau dihitung-hitung, mungkin jumlahnya mencapai 300-an. Lumayan, lah..

Sekalipun sebanyak itu, aku masih belum juga menemukan kesempatan untuk bisa menerbitkan buku lagi. Sepertinya, belum ada penerbit yang cukup khilaf untuk bilang bahwa tulisan-tulisanku layak dibukukan. D’oh! Masa perlu pakai pelet, sih!πŸ˜€

Apapun itu, aku senang sekali karena masih bisa memiliki energi untuk menulis, masih memiliki laptop untuk media menulis, masih memiliki keinginan menggebu untuk terus menulis dan menulis.

Aku bersyukur karena semangatku belum juga mengendur. Aku bersyukur karena sekalipun jumlah komentarku jauh lebih sedikit daripada tahun kemarin — dulu, satu tulisan bisa 70 komentar, kini paling banter cuman 20, kali.. hihihi — aku tak pernah ragu untuk bertutur dan bercerita, siapapun yang kelak akan membaca.

Kepada kamu semua, para kawan-kawan bloggerku, para pembaca yang kebetulan nyasar karena terbantu search engine Google, atau teman-teman terdekatku yang selama ini selalu membaca blog-ku… I want to say thanks a lot.

Kamu, dengan kehadiranmu, dengan komentarmu, dengan sapaanmu, adalah doping untuk lelahku. Penyemangatku. Penyuntik energi di tubuh lelahku.

That’s why, I really thank you a lot, Guys! The best, dah!πŸ™‚

Semoga The Blings of My Life memberikan pengaruh yang positif buat kamu ketika usai membaca. Tidak membuatmu merasa sia-sia saat mengklik halaman ini untuk membaca tulisan-tulisanku yang sederhana dan biasa-biasa saja ini.

Dan untuk kamu semua, kupilihkan 14 judul tulisan favoritku sepanjang tahun kemarin. Buat yang sedang memiliki banyak waktu luang, boleh deh dibaca-baca…

Februari 2009
It’s Moving Forwarnd (And Not The Other Way Around)

Maret 2009
Hadiah Perkawinan

April 2009
Will He Turn into a Monster One Day?

Mei 2009
Gantengnya Pacarku!

Juni 2009
The Wind Beneath My Wings

Juli 2009
Tentang Waktu
Someone Else’s Shoes

Agustus 2009
Lelaki Bernama Edi Purwono

September 2009
Will I Ever Meet You in the Intersection?

Oktober 2009
I Saw… Life!

November 2009
It’s Not Worthless, But Precious

Desember 2009
How Judgmental Are You?

Januari 2010
The Least You Could Do

So, Guys.

Enjoy the reading and I’ll see you again, soon! Jaga kesehatan yaaa…

Mwah, mwah!

***

Kamar, Jumat, 26 Desember 2010, 00.31 Pagi

Ps.

And for you, Ms. Blings, I thank you so much for being such a great friend during this past two years. Kamu telah mengubahku menjadi seseorang yang sama sekali baru yang tak pernah kusangka seumur hidupku. Tanpamu, sebuah buku tidak akan pernah lahir. Tanpamu, hidupku akan sama sekali berbeda. Karenamu, aku begitu bangga pada diriku yang tadinya tak pernah merasa punya keahlian apapun — just a fat girl who dreams a lot! Dan untukmu, kucurahkan banyak cinta…

Thank you, Ms. Blings…

About Lala Purwono

Dreamer. Writer. Lover. Follow her twits @lalapurwono.

Discussion

24 thoughts on “The Blings of My Life

  1. selamat ulang tahun blog!!
    wah lu sih rajin lho nulisnya bisa banyak begitu.. hehe

    Posted by arman | February 26, 2010, 1:19 am
  2. Selamat ulang tahun aja blognya dan semoga trus eksis ngeblog dan juga nulisnya … salam kenal.

    Posted by shaleh | February 26, 2010, 6:24 am
  3. thumbs up deh buat mbak lala atas terbitan bukunya, Oyen ajah yang sering ngirim cerpen2 mpe sekarang belum ada yang terbit, yang terbit justru opini-opini yang serius..he..he, kalo buku belon pernah…

    entar deh kalo Oyen ada waktu tak baca tuh semua tulisan, karena kadang kita dapat ide dari membaca tulisan orang lain…oke semangat ya, tulislah yang bisa bermanfaat untuk pembaca.. CAYO !!!

    Posted by Oyen | February 26, 2010, 8:03 am
  4. selamat ulang tahun buat blognya jeung, terus aktif ya

    Posted by monda | February 26, 2010, 8:33 am
  5. selamat ulang tahun ms. blings..
    makasih udah nemenin Lala…

    semangat nulis terus ya La…πŸ™‚

    Posted by anna | February 26, 2010, 10:51 am
  6. selamat ulang tahun buat blognya kak lala…. ditunggu traktirannya…. hehehe

    Posted by aurora | February 26, 2010, 11:08 am
  7. happy 2nd anniversary deh mbak… saya jadi pengen baca ke 14 tulisannya tapi sayang waktunya terbatas (sambil kerja)πŸ˜‰

    Posted by orange float | February 26, 2010, 4:06 pm
  8. met ultah buat blognya mbak,.. moga tambah rame dan banyak tulisannya..:mrgreen:

    Posted by muhammad zakariah | February 26, 2010, 6:25 pm
  9. HaPpy bDayyyyπŸ™‚

    Posted by Lu | February 27, 2010, 7:56 am
  10. wah selamat ulang tahun buat blognya… hampir berbarengan dengan blogku… tapi blogku baru lahir….

    Posted by Irawan | February 27, 2010, 9:11 am
  11. hai Jeng…

    tepat di tahun kedua aku baru mampir. besok akan lebih sering kesini. numpang baca-baca dulu yah…πŸ™‚

    salam,
    hesra

    Posted by Hesra | February 27, 2010, 2:55 pm
  12. la, mana kadonya?
    *ditimpuk buku*

    Posted by gerhanacoklat | February 27, 2010, 4:18 pm
  13. hepi besdey blognya lalaaaa

    Posted by gerhanacoklat | February 27, 2010, 4:19 pm
  14. Wahh La, tulisanmu sudah banyak…padahal lahirnya belakangan.
    Saya nulisnya ajrut2an, kadang rajin kadang lupa….hehehe
    Selamat ultah blognya ya?

    Posted by edratna | February 27, 2010, 9:40 pm
  15. berkunjung dan membaca tulisan2 favoritnya lala sedikit demi sedikit:D

    sekaligus jadi tambah paham proses lahirnya blog ini tentunya dengan baca postingan yg ini:)

    Posted by didot | February 28, 2010, 9:30 am
  16. wahhh keren banget nih mbak lala, jadi inget adek aku yg juga suka ngomporin aku buat nulis, tapi nggak pede tulisan ku ancuurrrr banget. sukses ya mbak, ditunggu buku selanjutnya.

    Posted by tary curhat lagi | February 28, 2010, 2:46 pm
  17. Selamat berultah!! ^_^

    Posted by Asop | March 1, 2010, 9:02 pm
  18. Hah …
    Selamat Ulang Tahun untuk Blognya Lala …

    Control your Mood …
    Agar “meledaknya” merata …
    Ok ?
    Ok ?

    Salam saya

    Posted by nh18 | March 2, 2010, 12:49 pm
  19. congratz buat 2 tahunnya eksis di rana bloggingπŸ™‚

    Posted by Huang | March 2, 2010, 2:46 pm
  20. Memang benar La, berkat fesbuk, orang2 jadi males main ke blog. Blogku juga terlantar berbulan2. Entah kenapa rasanya malas mengurusnya….
    Tetaplah menulis.
    Kita tidak pernah tahu, tulisan mana yang bakal abadi dan dikenang orang…

    Posted by Hery Azwan | March 2, 2010, 4:30 pm
  21. Happy birthday untuk blogmu la…
    gile ya tulisanmu banyak banget…hahahaha..beda banget sama aku dari tgl 2005 ngeblog sampai sekarang blom nyampe 300 tulisan…hahahaha pemalas sekali aku yaπŸ˜€

    Posted by Ria | March 4, 2010, 9:38 am
  22. wah telat kesini…
    selamat Ulang Taun The Blings Of My Life…
    semoga tetap konsisten dalam menulis…πŸ™‚

    Posted by atmakusumah | March 4, 2010, 10:54 pm
  23. Met ultah yaa, The Blings of Lala’s Life (lhoo? kok jadi berubah judul? :p)

    Ditunggu lhoo ultah2 berikutnyaa karena I believe yang namanya Lalaa ngga akan kekurangan bahan buat nulis, iya khaaann?πŸ˜‰

    Posted by Indah | March 9, 2010, 7:17 pm
  24. wue…happy birthday…
    wuah, produktif betullll…..
    sip mb…
    aku sampe tahun kedua baru nulis 100an..hihi….
    mb Lala udah nerbitin buku…. (kenal dari buku baru masuk ke blog, hehe…)
    Lanjutkan mb!!

    Mana buku keduanya….??
    Kok belum dikirim??πŸ˜›

    Posted by yustha tt | March 15, 2010, 3:23 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Catatan Harian

February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Celotehan Lala Purwono

%d bloggers like this: