you're reading...
daily's blings, Thoughts to Share

It Isn’t Scary

Bohong kalau aku nggak deg-degan menjelang perubahan usiaku, kemarin. Aku bahkan curhat habis-habisan di bulan Desember kemarin, di sebuah tulisan berjudul : Menjelang Tiga Puluh. Sekalipun aku mengakhirinya dengan menulis bahwa, “Daripada saya menghabiskan waktu untuk mengkhawatirkan perpindahan age box yang bakal membuat kerut-merut di wajah saya semakin nampak, why don’t I enjoy the ride? Afterall… I will be a fabulous thirty years old gal, anyway… ” Tapi tetap saja, ketika waktu bergulir semakin dekat, rasa deg-degan itu tidak pernah menghilang dari setiap kedipan mata dan setiap denyut jantung.

I was so nervous to death. Kalau kamu bilang aku berlebihan, oh well, bukankah hiperbolis adalah nama tengahku?🙂

Jadi, beberapa hari menjelang ulang tahunku yang ketigapuluh, aku deg-degan setengah mati, terlebih ketika di hari terakhir aku masih boleh mengaku-aku sebagai seorang perempuan berusia kepala dua. Beugh, sepertinya nyaliku melorot sampai ke jempol kaki! I was so afraid, have I said that? Ya. Aku deg-degan setengah mampus.

Dan rupanya, rasa deg-deganku ini malah menjadi makanan yang enak banget untuk dikonsumsi oleh beberapa orang. Di antaranya adalah kawan-kawan dekatku yang menggoda lewat telepon.

Titi Kharisma bilang, “Bagaimana persiapan menuju tiga puluh?”

Dan Indah Wd juga mengatakan hal yang serupa, “Hai, perempuan yang sebentar lagi berusia tiga puluh… Gimana, deg-degan?”

Tidak hanya di telepon, Linda, sahabatku yang lain malah menggodaku lewat wall Facebookku, dan bilang, “Your last day, Mbienk! Yang tabah yah! Elu nikmati baik2! huakakakakakakak..”

See?

Gimana aku nggak tambah deg-degan, kan? Sekalipun aku tahu, yang mereka lakukan adalah memupuk mentalku. *jiah, barusan aku nulis apaan, sih? hehe*

Di antara ketiga temanku yang menggoda jam-jam pergantian usiaku, dua di antaranya sudah melaluinya terlebih dulu, sehingga mereka akhirnya berkata, “Santai aja, La. Yang paling susah emang menjelang ulang tahun itu. Saat ulang tahun, kamu akan senang karena mendapat banyak ucapan selamat, dan setelah hari berlalu, kamu akan merasa biasa-biasa aja, kok…”

Betul, kah?

Aku tidak akan bisa menjawabnya saat mereka mengucapkannya, hari Kamis kemarin. Tapi kini, setelah aku melewati masa-masa pergantian usiaku tanggal 12 Februari 2010, hari Jumat kemarin, aku bisa menjawabnya dengan lantang berikut dengan senyum yang lebar.

“Ya. Tiga puluh isnt’ that scary.”

`Aku masih seorang Lala yang sama, tidak ada yang berubah sekali selain my age box sudah berpindah ke golongan berikutnya.

Aku masih dikelilingi oleh keluarga yang mencintaiku, sahabat-sahabat yang mendukungku, dan teman-teman yang menyenangkan dan menghargai setiap keputusanku.

Tidak ada yang berubah, kecuali aku memang harus segera datang ke kantor kecamatan untuk mengurus KTPku yang sudah habis masa berlakunya sejak hari Jumat kemarin. D’oh! Jadi lupa, deh!  :(

Memang tidak ada yang berubah demikian signifikan sekalipun usiaku berubah secara signifikan (numbuh satu kepala, gituh!), padahal, tadinya aku sempat lebay dengan berasumsi, “Ntar begitu usia tiga puluh, pas ngaca, langsung muncul kerut halus di atas dahi!” Haha. Lebay banget, kan?

Biasa saja.

Santai saja.

Tidak terlalu semenakutkan yang aku bayangkan.

Akhirnya aku sadar, bahwa terkadang manusia sering menyesaki isi pikirannya sendiri dengan hal-hal yang tidak perlu, kekuatiran-kekuatiran yang tidak penting, yang malah akan menggerus kekuatannya sendiri. Otak yang terokupasi dengan pemikiran yang buruk justru akan melemahkan cara pikirnya untuk berpikir secara positif.

Sekian lama aku berpikir kalau tiga puluh adalah simbol bahwa aku sudah tua dan untuk perempuan lajang sepertiku, it’s not a good sign.

Tapi kenapa aku tidak pernah berpikiran bahwa dengan tigapuluh, artinya aku harus melecut semangatku untuk melakukan sesuatu yang lebih nyata? Aku harus segera menancapkan kuku-kukuku ke dunia yang aku suka, mulai memetakan kemana langkah yang musti kutuju,  musti bergerak agar tidak menjadi perempuan dengan masa tua yang tidak jelas.

Tiga puluh artinya aku harus tahu bahwa waktu bergerak ke depan, bukan bergerak mundur. Aku musti bergerak seiring dengan pergerakan waktu, atau kalau tidak, mungkin saja aku terlindas roda-rodanya.

Menanamkan sugesti yang positif ke dalam isi pikiran adalah lebih baik daripada menyesakinya dengan pikiran-pikiran negatif yang menciptakan ketakutan dan kekuatiran yang luar biasa mengganggu.

Pikiran negatif seperti sebuah blind fold yang akan menutupi bagaimana aku memandang ke depan, sehingga aku malah melangkah dengan terantuk-antuk karena tak lagi melihat cahaya yang bisa membantuku menerangi setiap langkahku menuju ke suatu tempat yang lebih baik dari hari ini.

It’s useless dan memakan semua energi yang aku miliki.

Jadi, aku berhenti menyuplai pikiran-pikiran negatif itu di otakku dan mulai memberinya makanan yang bergizi, seperti sugesti bahwa, “Life begins at thirty, misalnya?”

Iya, kan?🙂

***

Depan Televisi, Sabtu, 13 Februari 2010, 12.32 Siang


About Lala Purwono

Dreamer. Writer. Lover. Follow her twits @lalapurwono.

Discussion

20 thoughts on “It Isn’t Scary

  1. terkadang manusia sering menyesaki isi pikirannya sendiri dengan hal-hal yang tidak perlu, kekuatiran-kekuatiran yang tidak penting, yang malah akan menggerus kekuatannya sendiri.

    Hahahaha.. itu bener bangets😉

    And, gal.. you’re gonna lovee your 30s dhe ^o^

    Posted by Indah | February 13, 2010, 12:51 pm
  2. ah La…tulisanmu bikin aku semakin kuat.. hahahaha… secara tahun ini aku juga bakal 30.. *gak menakutkan ya ternyata… yippie.. thirty…i’m coming… hihihi

    hampir sama sebenarnya ketakutan yang aku hadapi La.. (dgn kacamata yg sedikit berbeda) terlebih aku juga di usia ini belum juga punya anak.. (sempat hamil tapi keguguran). Dan ada beberapa orang bilang.. “punya anak pertama di atas 30 itu akan semakin susah, ntar kalo melahirkan susah.. and so on…

    hm.. tapi we’ve got our scenario kan… tiap orang dah punya skenario hidup yg ditulis sama Allah swt. Just live it.. happily of course🙂
    wah.. malah curhat..

    oh ya La, aku pindah ke dot com.. cekidot ya.. templatenya hampir mirip..
    dirimu menginspirasi daku.. hihih

    Posted by annafardiana | February 13, 2010, 1:54 pm
  3. Happy Belated Birthday La🙂
    Gue belom 30, so gak bisa ksh welcoming party
    Juz wish u all happines aja yah
    God Bless!

    Posted by Eka Situmorang-Sir | February 13, 2010, 2:59 pm
  4. selamat ulang tahun jeng Lala, beneran kok hidup mulai di 30, masih remaja sekali ( dibandingkanku he.he…),
    baru pertama mampir, selamat ya atas buku pertamanya

    Posted by monda | February 13, 2010, 3:55 pm
  5. Met ultah Jeung Lala…. Usia 30, sampai sekarang bagi saya…menakutkan hihi… Untung masih beberapa tahun ke depan, fiuh!!!
    Mudah-mudahan pada saatnya nanti, bisa melampauinya seperti Jeung Lala…🙂

    Posted by AL | February 13, 2010, 6:29 pm
  6. saya juga blm siap mbak memasuki usia kepala tiga, yah seperti memasuki rumah hantu.

    Posted by orange float | February 13, 2010, 8:23 pm
  7. Have a nice day, undangan penuh kebahagiaan di hari yang ke-56 Ayah tercinta, salam D3pd😀

    Posted by dykapede | February 13, 2010, 8:41 pm
  8. Umur itu jangan dihitung-hitung …
    Umur itu harus “diisi”

    Udah gitu aja pesen saya
    Salam saya

    Posted by nh18 | February 13, 2010, 9:08 pm
  9. selamat ulang tahun, lala
    there’s nothing wrong being 30. biasa aja tuh
    (atau aku yang ndableg?)

    Posted by latree | February 13, 2010, 9:59 pm
  10. hahaha that was exactly how i felt pas dulu mau umur 30 lho. soalnya gua juga orangnya yang sangat takut jadi tua gitu. jadi pas mau kepala 3 rasanya gimanaaa gitu. setelah lewat ya emang biasa aja.
    tapi sampe sekarang pun setiap nginget umur rasanya selalu berasa gimanaaa…. soalnya kok udah tua banget rasanya. dan belum punya pencapaian yang gimana2 amat. hehehe.

    well tapi kalo mikirin umur terus emang gak ada juntrungannya karena kayak lu bilang, toh tiap taun akan nambah juga otomatis. mau dipikirin mau gak dipikirin ya umur tetep akan nambah dengan sendirinya. jadi mendingan emang dibawa enjoy aja dah sebisa mungkin.😀

    Posted by arman | February 14, 2010, 12:16 am
  11. eh iya happy birthday ya!!🙂
    welcome to the 30’s club… hehehe

    Posted by arman | February 14, 2010, 12:19 am
  12. waaaa kemaren ulangtaun? happy birthday then😀

    jangan takut. kata orang, usia cuma angka, kok…

    Posted by venus | February 14, 2010, 6:46 am
  13. sedikit mirip dnegan ungkapan apa yang kau katakan adalah doamu,, jadi sebisa mungkin kita harus berfikir psositif dan optimis,,

    Posted by yos | February 14, 2010, 8:48 am
  14. selamat ulang tahun say..
    berusia tigapuluh itu tidak menakutkan bahkan menggiurkan
    percaya lah padaku wekekekkee

    Posted by gerhanacoklat | February 14, 2010, 12:28 pm
  15. maaf saya telah mendahului anda ,selamat datang di klub 30(tahun keatas) ,wkwkwwkwk…

    kalo buat cowok bukannya life begins at 40 ya? hehehe…

    jadi i haven’t got a life right now ya??:D

    Posted by didot | February 15, 2010, 11:16 am
  16. jangan terlalu menghitung umurmu Jeung,
    namun isilah dgn sesuatu yg bermanfaat utk diri sendiri dan orang lain.
    salam.

    Posted by bundadontworry | February 15, 2010, 12:17 pm
  17. satu tahun lagi aku 30 tahun, aku pasti semakin bahagia.

    ketakutan dan kekhawatiran yang berlebihan terkadang justru jadi kejadian.
    dont worry be happy….

    Posted by hamidah | February 15, 2010, 12:57 pm
  18. life begin @30!
    Setujaaaaaa……😀

    Posted by yustha tt | February 15, 2010, 1:15 pm
  19. wahahahahaha untungnya waktu mau ulang tahun ke 30 hampir 2 tahun yang lalu ngga ada yang iseng ngegodain saya kayak gitu.. jadi ya biasa aja rasanya😆
    bahkan sekarang rasanya bangga kalo ada yang terperangah tidak percaya ketika saya sebutkan umur saya sebenernya.. ah ya age is just a number, yang penting luarnya masih imut.. hihihihi
    *kabur sebelum disambit Lala*

    Posted by Chic | February 16, 2010, 3:17 pm

Leave a Reply

Catatan Harian

February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Celotehan Lala Purwono

