you're reading...
daily's blings

Untaian Doa

Tadinya kuuntai banyak permintaan untuk ulangtahunku yang ketigapuluh ini. Kalimat-kalimat permohonan yang terangkai bak semut beriring di dekat penyimpanan gula yang terbuka itu memenuhi isi kepalaku, sampai-sampai setiap mataku terpejam, aku tahu, aku menginginkan banyak sekali doa-doa yang ingin terwujud, terkabulkan.

Aku ingin menjadi perempuan yang lebih baik lagi, yang tidak egois lagi, yang menyadari bahwa dunia tidak hanya berkeliling di bawah kakiku saja, dan semua orang adalah pelakon utama untuk setiap drama di dalam kehidupan mereka. Bukan aku satu-satunya perempuan yang harus dimengerti, tapi aku juga musti memahami keinginan mereka, pola pikir mereka. Bukan keinginanku melulu yang harus dipenuhi, tapi aku juga memenuhi cawan keinginan mereka. Aku ingin berubah menjadi lebih bijaksana; seiring dengan makin bertambahnya lilin-lilin yang berdiri di atas kue tar ulang tahunku.

Di tahun ke-30 ini, aku ingin memiliki karya-karya yang lain. Aku berharap masih ada penerbit-penerbit yang menganggap karyaku layak cetak dan mengubah tulisan-tulisan di layar komputer menjadi sebuah tulisan yang dicetak dengan tinta, berbungkus cover nan cantik, dengan namaku muncul di halaman depan, menyembul dengan warna yang sangat eye catching. Lala Purwono, dengan karya terbarunya. Alangkah senangnya jika keinginan itu bisa terwujud di tahun ini.

Untuk menghasilkan karya-karya yang baik, tentu saja aku menundukkan kepala dalam doa dan berharap agar Tuhan membekali tubuhku dengan imun yang kuat untuk melawan penyakit-penyakit yang mampir. Kesehatan adalah modal utama untuk bisa meraih apa yang ingin aku raih. Dengan ditopang kesehatan yang prima, aku bisa memanfaatkan waktu-waktu yang ada dengan lebih baik lagi, kan? Jadi, kumohon agar aku selalu sehat. Batuk, pilek, dan pusing, boleh-boleh saja datang secara berkala. Tapi, cukup, itu saja.

Jika buku itu akhirnya terbit, aku juga memohon agar rejeki mengalir pada pundi-pundiku. Tidak perlu banyak, tapi secukupnya. Cukup untuk membiayai hidupku, cukup untuk menyenangkan keluargaku, dan cukup untuk kubagi kepada mereka-mereka yang berhak menikmati sebagian rejekiku. Jadi, kumohon agar buku-ku itu tak hanya menjadi sebuah patung berdebu yang dikenal orang, dipuja sebentar, lalu kemudian dilupakan keberadaannya.

Dan kalau buku ini kemudian memberikan rejeki yang berlebih, aku ingin cita-citaku untuk segera naik haji bisa kesampaian. Mungkin tidak tahun ini, tapi insyaAllah, dalam waktu dekat, aku bisa melaksanakannya. Aku tak ingin rumah mewah atau tabungan yang berjumlah besar. Aku hanya ingin pergi berhaji saja. Sebuah keinginan yang wajar untuk aku yang pernah menulis: dalam waktu lima tahun ke depan, aku musti sudah naik haji. Dan catatan itu kutulis di tahun 2007. Sebentar lagi sudahΒ due date, jadi musti segera πŸ™‚

Belum lagi soal keinginanku yang kecil-kecil, di ulang tahunku kali ini.

Aku ingin punya buku My Life, My Secret-nya KD.

Aku ingin dibelikan sepatu berwarna coklat.

Aku ingin punya jam tangan maskulin.

Aku ingin dibelikan tas ransel feminin berwarna coklat tua atau hitam, yang cukup kuat untuk memuat laptop kecilku.

Aku ingin dibelikan gelang baru, untuk menggantikan gelang kesayanganku yang hilang dua hari yang lalu.

Banyak sekali!

Doa-doaku tadi, keinginan-keinginan kedaginganku tadi, kurangkai seperti gerbong-gerbong kereta api yang hampir tak bisa bergerak maju karena terlalu berat. Lokomotifnya harus berjuang sekuat tenaga untuk menarik gerbong-gerbong di belakangnya. Berat sekali, letih sekali.

Saat itulah, kemudian, aku sadar betapa banyaknya keinginanku. Mulai dari hal yang remeh seperti gelang dan jam tangan, sampai hal yang fantastis seperti keinginan berhaji. Aku, dengan egoisnya, merangkai keinginan itu sampai nafasku terengah-engah, dan malah bertanya, “Sudah cukupkah permintaanku?”

— ups, aku lupa, kalau aku juga ingin segera menikah! See? Seem never enough wishes for me… hiks! —

Ya.

Aku banyak, banyak, banyak meminta.

Menuntut ini itu, menginginkan anu inu, berharap agar begini begitu, tanpa sekalipun aku diam sejenak di tengah nafas yang memburu dan Β putus-putus lalu berpikir, “Hey, kebanyakan minta. Emang kamu sudah kasih apa?”

Aku terhenyak. Teringat dengan kata-kata JFK yang pernah bilang, “Jangan tanya apa yang sudah diberikan Negara kepadamu, tapi tanyakan, apa yang sudah kamu berikan untuk Negaramu.”

Aku menghabiskan waktuku untuk meminta dan terus meminta, tapi sudahkah aku memberikan sumbangsih yang nyata kepada Dia yang memberikan semua yang sudah aku minta selama ini?

Sudahkah aku cukup bersyukur?

Sudahkah aku menjadi manusia yang baik?

Sudahkah aku melaksanakan kewajiban yang musti kulakukan tanpa perlu dijewer kupingnya, diingatkan oleh ceramah di masjid atau siaran televisi?

Sudahkah aku mengucapkan setidaknya terimakasih buat nafas yang sudah mampu kuhela dengan nikmatnya, sampai detik ini?

Sholat memang rutin kulakukan. Tapi benarkah aku sudah bersyukur? Berterimakasih? Apakah aku hanya menjalankan rutinitas itu bak robot yang terjadual rapi, dan melupakan kalau sholat adalah media untuk saling bertutur dan mengadu?

Aku banyak meminta dan terus meminta, seolah kenikmatan yang kuperoleh selama ini masih kurang saja.

Aku sudah menyelesaikan pendidikan sampai jenjang Strata 1, aku bekerja di perusahaan Internasional dengan gaji lumayan, bakatku diakui oleh penerbit kemudian hasil olahan kreatifitasku itu kemudian diterbitkan, aku memiliki banyak teman yang selalu berhasil membuatku tersenyum, tertawa, atau menangis bersama, aku memiliki keluarga yang sangat mendukung, meski Papi dan Mami sudah terpanggil pulang terlebih dulu tapi cahaya mereka adalah bintang yang tak pernah berhenti berpijar untuk menerangi setiap gelapku… I have it all. And it seems not enough…

Egois, kan?

Itulah kenapa, ketika menjelang pukul dua belas malam ini, untaian keinginan-keinginan itu seolah melebur menjadi satu keinginan yang sangat utama. Tidak ada lagi doa-doa yangΒ mrintil banyak seperti gerbong kereta api yang susah bergerak itu, karena yang kuinginkan hanya satu saja, untuk tahun ke-30-ku ini.

Aku ingin bisa menjadi seorang manusia yang pandai bersyukur. Yang tahu bahwa setiap hela nafas adalah anugerah, setiap kedipan mata adalah keajaiban, dan setiap denyut jantung adalah istimewa.

Aku ingin bisa menjadi seorang manusia yang pandai bersyukur. Yang menghargai setiap tangkup roti bersemir selai srikaya, yang menghargai setiap bulir nasi yang sering kusia-siakan atas nama diet dan tubuh langsing, yang menghargai rejeki yang tersaji di atas piring makanku setiap hari.

Aku ingin bisa menjadi seorang manusia yang pandai bersyukur. Yang menghargai setiap masalah yang menimpa lalu belajar darinya. Yang menghargai perselisihan pendapat, karena dengan begitu aku tahu kalau aku tak sendirian di muka bumi ini. Yang menghargai bahwa di setiap luka dan kesedihan, aku tahu kebahagiaan sedang menantiku.

Ya.

Aku sangat ingin menjadi jenis manusia yang seperti itu, karena aku yakin, kebaikan-kebaikan akan menyertai setiap amal baik.

Jadi, kuputuskan itu saja permintaanku untuk tahun ini. Untuk tahun-tahun berikutnya, kumohonkan agar kualitasnya membaik dan terus membaik saja.

Dan untuk memulainya, aku akan berterimakasih pada Tuhan untuk nafas yang masih diberikan olehNya buatku di jam pertama usiaku berubah menjadi tiga puluh, bukannya dua sembilan.

Aku bersyukur, Tuhan masih memberikan kesempatan buatku untuk tetap melakukan sesuatu di dunia ini, yang entah apa.

Aku tak tahu sampai kapan umurku.

Tapi aku akan mensyukuri setiap detik yang bergulir Β itu dan mencoba untuk menghabiskannya selalu di jalan-jalan yang terbaik, yang dipilihkan Tuhan untukku…

Semoga saja.

Amin.

***

Depan Televisi yang menyala

Jumat, 12 Februari 2010, pukul 00.00 teng, teng!

Happy Birthday to myself.. πŸ™‚

Advertisements

About Lala Purwono

Dreamer. Writer. Lover. Follow her twits @lalapurwono.

Discussion

28 thoughts on “Untaian Doa

  1. Happy birthday jeung.. mudah2an bahagia dan sukses dunia akhirat, amiin.
    Salam hangat dari teman baru jeung lala,
    Yani πŸ˜‰

    Posted by yani | February 12, 2010, 12:20 am
  2. Happy birthday yaa, Laa, semoga keinginan utamanya tercapai, eehh.. ini pasti bisaa, karena ngga tergantung orang lain so it’s up to you to make it come true or not πŸ˜‰

    Tapi tetepp.. ditunggu aahh buku2 elo selanjutnyaa!

    *khan gua pengen dapat tanda tangan and fotoo, huahahaha :D*

    Posted by Indah | February 12, 2010, 12:23 am
  3. udah mau tidur ,iseng2 liat blog ada update dari lala,akhirnya dipaksain komen deh,berhubung ini ultahnya….

    saya cuma mau bilang,tidak perlu semua keinginanmu itu terpenuhi,yakin aja kalo Tuhan selalu memberikan apa yg kita butuhkan ,bukan kita inginkan. tugas kita hanya berusaha,we just do our best and let God do the rest.

    banyak hal didunia ini yg kita ‘pikir’ kita butuhkan,padahal yg kita butuhkan itu sangatlah sedkit dibanding yg kita inginkan.

    30 udah bukan umur yg muda tentunya,umur yg sangat matang untuk seorang wanita sekalipun utk seorang laki2.
    semoga kamu semakin bijak menggunakan sisa umur yg ada ya la, jangan lupa bahagia = bersyukur ,keduanya tak terpisahkan.
    dan akhirnya from the bottom of my heart i just wanna say “selamat ulang tahun Lala Purwono… ” πŸ™‚

    Posted by didot | February 12, 2010, 12:33 am
  4. happy birthday yaaaa..
    wish you all the best! πŸ™‚

    Posted by arman | February 12, 2010, 1:53 am
  5. happy birthday, la.
    indeed, there’s never enough wish to ask for.
    that’s because we know that He always grants you if you just ask.

    may this year–and the new age–brings you happiness, fortune, and everything that suits you the best.

    Posted by marshmallow | February 12, 2010, 4:19 am
  6. Dearest (mb) Lala…
    Happy birthday..
    Don’t count the years, count the blessing..
    A birthday doesn’t mean you are getting older but getting better.. πŸ™‚

    Wish ur dream come true, terutama naik hajinya, duh bikin terharu…

    Posted by yustha tt | February 12, 2010, 6:13 am
  7. Menjadi orang yang pandai bersyukur…
    Hm.. sebuah permohonan yang sangat dalam makna
    Pemenuhan hasrat jiwa yang lebih hakiki
    Pencapaian kebahagiaan sejati

    Very nice wish La.. Happy Birthday.. πŸ™‚

    Posted by Nug | February 12, 2010, 7:22 am
  8. Selamat ulang tahun Laa,… moga apa yg didoakan tercapai,… amiiinnn

    Posted by avartara | February 12, 2010, 7:43 am
  9. happy besdey jeng Lala… semoga resolusi tahun ini bisa dicapai dengan baik, ikut mengamini dalam doamu ya…

    Posted by Mamah Aline | February 12, 2010, 8:34 am
  10. semoga di ulang tahun ke 30 keinginan itu bisa terwujud, happy besdey…

    Posted by Mamah Aline | February 12, 2010, 8:42 am
  11. Selamat Ulang Tahun Jeung…Semoga disisa Umur yang diberikan senantiasa memperoleh BerkahNYA…
    Menjadi pribadi yang lebih bersyukur lagi, sebuah Resolusi yang Indah…
    Wish You All The Best…

    Posted by atmakusumah | February 12, 2010, 8:51 am
  12. Aku ingin bisa menjadi seorang manusia yang pandai bersyukur. Yang tahu bahwa setiap hela nafas adalah anugerah, setiap kedipan mata adalah keajaiban, dan setiap denyut jantung adalah istimewa. <—- indahnya….. i love this line
    smoga terwujud la

    happy b'day
    smoga bahagia, sehat dan sukses menjadi hakmu
    GBU

    Posted by depz | February 12, 2010, 8:55 am
  13. peluk peluk peluk…..

    let’s pray together : ya Allah berikannlah yang terbaik untuk jeunglala tepat pada waktunya *karena terburu-buru ato terlambat itu kurang baik*

    selamat ulang tahun yaaaa……

    muah muah

    Posted by hamidah | February 12, 2010, 9:41 am
  14. Selamat Ulang Tahun, Lala… Meminta, lalu percaya Dia mendengar dan memberikan hanya yg terbaik tepat pada waktuNya, akan membuat kita lebih mudah bersyukur, sebab kita percaya. πŸ˜‰

    So, mintalah, maka akan diberikanNya kepadamu. Dan mengucap syukurlah dalam segala keadaan, sebab Dia baik.

    Always. G.

    Posted by g | February 12, 2010, 9:48 am
  15. Happy Birthday sweet Lala….hope everything that u wish for…could come true…..

    Posted by Dewi | February 12, 2010, 10:01 am
  16. Happy birthday, La….

    Posted by yessy muchtar | February 12, 2010, 10:13 am
  17. selamat ulang tahun Lala.. semoga selalu mendapatkan perlindungan dari Allah, kesehatan, kesabaran, dan rasa syukur yang berlimpah. karena sejatinya rasa syukur dan kesabaran adalah nikmat Allah yang maha berharga… πŸ™‚ amiin ya robbal alamin.

    Posted by anna | February 12, 2010, 11:51 am
  18. happy bezdey, La…
    yang lain udah banyak yang doain…aku khusus doain dua aja ya..
    semoga cepat menikah dan menerbitkan buku di Gramedia. amin

    πŸ™‚

    Posted by Yessi | February 12, 2010, 1:36 pm
  19. LALA …
    Selamat Ulang Tahun
    Semoga Panjang Umur …
    Sehat dan Bahagia Selalu …

    Salam dan Doa saya

    Posted by nh18 | February 12, 2010, 1:37 pm
  20. Selamat ulang tahun mbak Lala
    Hidup tidak hanya untuk saat ini
    Masih banyak senja yang harus dinikmati
    Dan masih banyak pagi yang kan setia menanti
    Semoga berkatNYA makin melimpah dalam hidup mbak Lala

    Salam,
    Sash

    Posted by Sash | February 12, 2010, 1:55 pm
  21. Semoga harapan-harapanmu terkabul Lala…yang penting adalah kebahagiaan dan kedamaian, serta kesehatan.

    Posted by edratna | February 12, 2010, 2:55 pm
  22. Subhanallah.. keinginan yang sangat sederhana namun dalam artinya.. πŸ™‚
    Semoga ALLAH Azza Wajalla mengijabah doa dan ikhtiar Lala..
    Semoga ALLAH, Sang Penggenggam Jiwa memberikan Lala dan kita semua di sini kesempatan untuk menjadi manusia-manusia yang pernuh rasa syukur.. amiin yaa RABB..

    Met ultah ya La.. May ALLAH always be with you, We wish you all the best.. πŸ™‚

    Posted by Duddy | February 12, 2010, 2:59 pm
  23. selamat ulang tahun mb Lala.. πŸ™‚
    semoga semua doa dan mimpi terwujud dan mb Lala senantiasa dilindungi Allah SWT. amiiin.

    *dtunggu tulisan2mu selanjutnya πŸ˜€

    Posted by meiftah | February 12, 2010, 3:54 pm
  24. ndang terbit buku barunya, ndang jumpa fans, ndang dapet duit πŸ˜€

    Posted by anton ashardi | February 12, 2010, 11:22 pm
  25. mbak Lala happy birthday ya.. wish all your dreams come true. semakin bertambah umur maka semakin berisi pula seperti ilmu padi.

    bolehkan saya ijin ngelink blognya….
    thx πŸ˜€

    Posted by orange float | February 13, 2010, 11:29 am
  26. ijin mengamankan pertamax

    untaian doa yang panjang… amien

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasihhh πŸ˜€

    Posted by darahbiroe | February 13, 2010, 12:45 pm
  27. Selamat Ulang Tahun Jeung Lala sayang.
    Semoga selalu sehat, dimudahkan oleh Allah swt apa2 yg diimpikan dan bahagia dunia akhirat.
    salam.

    Posted by bundadontworry | February 15, 2010, 12:15 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Catatan Harian

February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Celotehan Lala Purwono

%d bloggers like this: