you're reading...
daily's blings, Thoughts to Share

Her Life, Her Secret

Aku dan My Life, My Secret

Sebuah buku kutimang dengan sayang, kemarin sore. Catatan hati seorang Diva, Krisdayanti, yang dibukukan dalam sebuah buku best seller berjudul My Life, My Secret itu adalah salah satu pemberian dari seorang kawan baikku yang kukenal lewat media blog. Namanya, Indah Wd. Dia sengaja memberikan buku ini sebagai hadiah ulangtahunku ke-30 yang baru akan jatuh tepat tanggal 12 Februari, besok.

Memang, buku itu tiba dua hari lebih awal, tapi kata dia, “Gua malah takut kalau nyampe-nya baru hari Senin, La…” Karena menurutnya, jasa pengiriman yang dia pakai itu menjanjikan waktu bisa sampai seminggu. Jadi, dia terheran-heran juga karena bukunya malah sudah sampai.

Aku girang-gemirang. Pertama, karena ini adalah pemberian manis dari seorang kawan baik — yang belum pernah bertatap muka satu kalipun — untuk hari yang spesial. Dan kedua, karena memiliki buku ini adalah semacam impian. Berkali-kali masuk ke toko buku Gramedia, buku ini hanya sempat kunikmati sebentar-sebentar. Selalu ada saja halangan untuk membelinya. Dan ketika kusampaikan keinginanku untuk memiliki buku ini, temanku itu langsung berkata bahwa dia akan memberikan buku ini sebagai kado ulangtahun.  Wow! Terbayang betapa senangnya aku ketika benar-benar menimang buku itu mulai kemarin sore, dan jari-jemariku terjahit rapi di setiap cover bukunya, serta sepasang mataku tak pernah bisa lepas untuk menikmati rangkaian hurufnya.

Aku jatuh cinta dengan prestasi Krisdayanti, sekalipun pernah kecewa luar biasa dengan perceraiannya dengan Anang Hermansyah — buset, aku infotainment banget, ye? 🙂

Dan aku cinta sekali dengan buku yang tak pernah lepas dari genggamanku ini — bahkan saat aku harus melakukan ritual pagiku di kamar mandi.

But most of all, akhirnya aku menemukan sebuah konsep pemikiran yang akhirnya menyeretku pada keinginan fantastis yang menjadi sebuah resolusi untuk ulangtahunku, esok hari.

Ya.

Mulai besok, aku ingin lebih banyak membaca buku-buku biografi, siapapun dia. Orang-orang terkenal yang sukses merintis karir, orang-orang hebat yang sukses menakhlukkan penyakit,  dan orang-orang biasa dengan catatannya setiap hari, yang dari situ aku bisa menemukan banyak pelajaran yang sangat berharga.

Aku ingin membaca buku biografi Chrisye, Titik Puspa, sampai Tukul Arwana.

Aku ingin membaca buku yang diadaptasi dari kisah nyata, tentang perjuangan tanpa henti seorang pecandu narkoba, sampai seorang perempuan usia awal dua puluh yang tumbuh meraksaksa lalu akhirnya menyerah di atas ranjang rumah sakit.

Dan ya.

Aku juga ingin membaca catatan-catatan harian kawan-kawan blogger yang dibukukan, atau kubaca gratis via bantuan internet –yang tidak gratis ini, hehe.

Karena dari setiap untaian kalimat itu, aku menangkap makna yang luar biasa, aku belajar banyak darinya.

Dari setiap jatuh bangun, dari setiap luka dan air mata, dari setiap senyum yang mengembang serta tawa yang tergelak bahagia.

Aku mampu belajar bagaimana mereka menghadapi tantangan, bagaimana mereka menyibak tumbuhan liar kesukaran yang menghalangi langkah-langkah mereka, bagaimana mereka menunduk dalam doa-doa yang panjang karena menyadari bahwa di atas semuanya akan selalu ada Tuhan yang merancang setiap skenario hidup dengan sangat sempurna…

Setiap kalimat, menyimpan makna.

Setiap peristiwa, menyimpan cerita.

Setiap kegagalan dan kesuksesan, menyimpan sebuah pelajaran.

Dengan memaknai hidup orang lain, kita mendapatkan pelajaran tanpa harus mengalami sendiri. Memang, sih, jika kejadian itu benar-benar kita alami sendiri, maknanya akan terasa sangat luar biasa. Tapi, jika kita bisa mendapatkan sebuah pelajaran lewat orang lain, bukankah itu juga sudah sangat berharga?

Itulah kenapa, aku sangat menyukai sekali buku pemberian dari kawanku ini. Sebuah buku yang membangkitkan keinginanku untuk terus menerus belajar dari proses jatuh bangunnya seseorang, dari setiap keping hidup yang dikunyah oleh orang lain.

Tidak hanya membaca sebuah catatan yang dicetak dalam buku-buku, tapi juga rajin berkunjung ke ‘rumah’ teman-teman blogger, sekaligus juga selalu membuka hati dan berusaha untuk selalu peka terhadap segala macam kondisi.

Dari setiap jiwa, aku tahu mereka adalah mentor yang berharga. Ya, tanpa mereka sadari…

Terimakasih, Kawan, untuk cerita-ceritanya.

Terimakasih, Indah, untuk bukunya.

Terimakasih, KD, untuk catatanmu yang luar biasa indah — thanks to Albertienne Endah.

It’s maybe her life, her secret.

But it’s also my treasure…

***

Kantor, Kamis, 11 Februari 2010, 9.01 Pagi

Advertisements

About Lala Purwono

Dreamer. Writer. Lover. Follow her twits @lalapurwono.

Discussion

24 thoughts on “Her Life, Her Secret

  1. Hmm….ya mb..
    Status teman di fb (sy lupa siapa, jangan2 mb Lala :mrgreen: pernah bilang:
    “Orang yang bijak belajar dari pengalamannya,
    orang yang lebih bijak belajar dari pengalaman orang lain.”

    Posted by yustha tt | February 11, 2010, 9:48 am
  2. bunda juga selalu mendapatkan sesuatu utk difahami dan direnungi setelah bertamu dr sini, Jeung.
    sharing utk segala macam pengalaman, berbagi cerita dan ilmu, yg bikin betah ngeblog, walaupun hanya lewat dunia maya, bunda merasa sudah kenal dekat dengan Jeung Lala dan sahabat2 yang lain.
    Ini juga salah satu dr indahnya dunia blog ya Jeung.
    Happy B’Day Jeung.
    semoga selalu sehat dan apa 2 yg diidamkan akan dimudahkan oleh Allah swt,amin.
    salam.

    Posted by bundadontworry | February 11, 2010, 10:04 am
    • Kalo Lala ke tempat Bunda, selalu ‘kenyang’ dengan suguhannya.. jadi selalu nagih dan nagih untuk datang ke ‘rumah’ Bunda… 🙂
      Betul, itu adalah indahnya dunia blog. Alhamdulillah… 🙂

      Amin, amin.
      Aku mengamini doa Bunda.. 🙂

      Posted by jeunglala | February 11, 2010, 9:39 pm
  3. Yups bener Mbak lala,.. Banyak pelajaran hidup dari kisah hidup seseorang, baik yg udah jadi buku ataupun yg masih ditulis terpisah di blog masing-masing. Wah besok Ultah Tho,….. Met Ultah ya mbak,… semoga tambah sukses dalam cita n cintanya…….

    Posted by avartara | February 11, 2010, 10:56 am
    • Kita bisa belajar dari banyak hal; mulai dari yang sederhana sampai dengan yang rumit seperti kisah perjalanan hidup orang lain..
      Iya, insyaAllah, besok masih diberi umur… Makasih yaa..

      Oh, ya.
      Makasih juga buat file PDF-nya… Bill Clinton adalah salah satu Presiden yang hebat, menurutku… Kontroversial, tapi hebat… Sip, sip.. Makasih banget, yah… 🙂

      Posted by jeunglala | February 11, 2010, 11:39 am
  4. nice artikel

    Posted by sewa mobil | February 11, 2010, 11:17 am
  5. Selamat Ulang Tahun dulu ya mbak, smoga makin sukses, makin sehat dan makin lebih baik.
    Eh…gak pengen baca biografinya Bendol?
    hehe…
    Salam

    Posted by HumorBendol | February 11, 2010, 11:42 am
  6. pertama, selamat ulang tahun dulu… 🙂
    trus… senengnya dapet buku gratis.. hehehe (tanda sayang dari temen blogger yah?)

    memang, pengalaman hidup orang lain, siapapun dia, tidak seberapa ‘penting’-nya dia, tetap saja ada sesuatu yang bisa kita ambil sebagai pelajaran. seperti lala bilang, dari chrisye, sampe tukul arwana. ato bahkan orang2 biasa..

    Posted by anna | February 11, 2010, 11:59 am
    • hai, Anna…
      Makasih, yaa… Selalu senang dapet yang gratisan begini.. apalagi barang kesayangan, dapet dari orang yang aku sayang juga… Sip, deh, pokoknya… 🙂
      Iya, An.
      Siapapun adalah contoh buat orang lain.
      Dan yang kumaksud dengan siapapun adalah.. kita semua. Kamu, aku, mereka… KITA. 🙂

      Posted by jeunglala | February 11, 2010, 9:44 pm
  7. bacaan pertamaku yg menghipnotisku ke dunia baca membaca adalah biografi Sri Sultan Hamengkubuwono IX. bayangkan anak awal kelas 3 SD, yang baru bisa membaca di awal kelas dua, sudah duduk manis membaca buku setebal bantal dan terpesona dengan pribadi Sri Sultan…..

    Tapi sekarang kurang minat baca biografi….bacanya novel melulu….

    Posted by Dewi | February 11, 2010, 1:09 pm
  8. penasaran mbak, pengen baca juga 🙂

    Posted by tary Ayk | February 11, 2010, 1:45 pm
  9. Kelihatannya Anda KD banget ya..!?! 😀

    Posted by adiarta | February 11, 2010, 2:00 pm
  10. wah mo ulang tahun ne… makan2…. salm kenal

    Posted by richo | February 11, 2010, 2:02 pm
  11. aku mau bikin cerita tentang kak Lala hihihi

    Posted by hanifah nila | February 11, 2010, 2:12 pm
  12. Pasti Keren banget tuh buku yah?

    Sallam Kenal’
    Rafi

    Posted by Rafi | February 11, 2010, 2:18 pm
  13. *lgsg ngebuzz indah untuk ngasih tau tanggal lahir*

    Posted by depz | February 11, 2010, 4:11 pm
  14. ini komen kedua la,yg pertama tadi susaaaaaaaaaah banget masuknya..

    ok pertama soal ultah : keknya sengaja nih kasih clue buat kita2 biar pada ngasih kado besok,hehehehe… anyway gak nyangka ternyata kita masih sebintang ya? ultah saya udah lewat,pas awal bulan ini:D

    soal postingannya : menurut saya hidup terlalu singkat buat mengalami semua pengalaman berharga,jadi memang cara paling benar adalah dengan juga belajar dari pengalaman orang lain.
    termasuk pengalaman teman2 blogger disini tentunya:)

    Posted by didot | February 11, 2010, 4:35 pm
  15. waa, resolusi yg bagus jeung. aku pengin juga, tapi susah banget niy baca buku, sukanya beli dan numpuk di lemari 😀 kalo ke Gramed pun penginnya semua dibeli, hihi. tapi di Korea ini jarang baca buku non ilmiah.. jadinya sering buka blog aja, baca cerita orang2, hehe.
    eh, aku penasaran sama buku My Life My Secret itu, udah selesai baca belum jeung? boleh direview ndak? 😉 makasii ya..

    Posted by yani | February 11, 2010, 6:09 pm
  16. Saya selalu suka biografi, mau itu buku ataupun film. Malah buku pertama yang saya baca adalah Biografi Bung Karno, hueheheh

    Posted by AL | February 11, 2010, 6:58 pm
  17. sama… gua juga kagum ama kd atas prestasinya tapi gak dengan kehidupan pribadinya. hehehe.
    tapi dipikir2 banyak lho artis yang begitu. yang prestasinya emang luar biasa dan sangat patut dikagumi, tapi kehidupan pribadinya enggak. yah namanya juga manusia ya… 😀

    tinggal kitanya aja gimana… yang bagus2 aja yang kita tiru dan jadiin motivasi, yang jelek2nya ya jangan… ya gak? 😀

    Posted by arman | February 12, 2010, 1:52 am
  18. Belajar da bercermin dari pengalaman hidup orang lain, mampu menjadikan kita lebih banyak bersyukur dan lebih bijak menyikapi Hidup…Karena, kadangkala Tuhan memberikan kita peringatan dan pembelajaran kepada kita melalui Hamba2NYa yang lain

    salam saya

    Posted by atmakusumah | February 12, 2010, 8:54 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Catatan Harian

February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Celotehan Lala Purwono

%d bloggers like this: