you're reading...
daily's blings, Thoughts to Share

Aku Tak Mau Terlihat Tua!

Aku tak mau terlihat tua.

Jadi, kuusahakan untuk mengoles krim malam setiap menjelang tidur, yang katanya bekerja lebih baik karena kulit wajahku sedang beristirahat. Lalu tak pernah lupa untuk mengolesi wajahku dengan pelembab yang memiliki kandungan SPF tertentu untuk mencegah kulitku dari sengatan sinar matahari sekaligus lembabnya hembusan angin yang keluar dari mesin pendingin di kantor. Dan ketika aku sampai di rumah kembali, cuci muka adalah wajib hukumnya. Mencegahku dari munculnya jerawat-jerawat yang biasa tumbuh saat hormon perempuanku bereaksi. Dan sekaligus juga, untuk membuat kulit wajahku tetap muda, kenyal, dan sehat!

Ya, aku memang tak mau terlihat tua.

Jadi kucoba untuk selalu memilih jenis pakaian yang tidak membuatku terlihat tua. Jeans and T-Shirt adalah pilihan yang aman untuk keseharianku.  Aku memang tak bisa menipu usiaku di kantor, karena jelas ada peraturan tertentu yang melarangku untuk memakai celana pendek dan kaos serta bersandal jepit saat ke kantor. Jadi, setiap berangkat ke mal — yang seringkali hanya untuk window shopping dan ngemil di food court saja — aku selalu berjeans dan T-Shirt. Paduannya adalah stiletto — kalau aku niat banget. Tapi seringnya, aku memakai sandal teplek, sandal jepit, dan um, sepatu keds.

Memang aku tak mau terlihat tua.

Di usia menjelang tiga puluh ini, aku berusaha untuk tetap terlihat muda dengan memangkas rambutku pendek-pendek. Biar nggak gerah, kataku pada mereka-mereka yang bertanya. Tapi sejatinya, aku cuman pingin keliatan muda! 🙂 Jadi, kupotong rambutku setiap satu bulan sekali, dengan potongan yang sama, ala Agnes Monica — jaman rambutnya masih pendek dulu. Sampai-sampai teman-teman fesbuk-ku banyak yang mengelus dada hanya karena sering sekali membaca statusku tentang potong rambut. Kata mereka, “Astagah, bukannya masih pendek?” Duh, sudahlah. Aku kan kepingin keliatan muda. Semakin pendek, semakin muda. Dan beberapa di antara mereka bilang, “Gundul sekalian aja kayak bayi. Beres!” Lalu aku berdoa semoga suatu saat kelak kecanggihan teknologi memudahkan aku untuk menjitak teman-teman cyberku itu secara langsung, dengan bogeman menembus layar komputer! 😀

Banyak cara kulakukan untuk tetap muda.

Diet nasi, biar badanku mengurus — dan astagah, ini timbangan kok nggak kompak banget sama isi hatiku!

Minum vitamin, biar awet muda.

Membubuhkan blush on dengan teknik ala Dewi Persik — tau, kan? Yang hidungnya pun diolesi kayak jembatan penyeberangan itu, lho — karena bisa membuat wajahku terlihat segar.

Sampai berteman dengan teman-teman yang lebih muda, supaya aku juga ikutan muda… Hayah! Memangnya muda itu penyakit menular sampai-sampai berdekatan dengan yang muda bakal bikin aku ikutan muda juga? 🙂

Tapi memang, whatever it takes to make me look young, I’ll do it!

Sampai kemudian aku sadar.

What really matter is not about the outfit, outter appearance, the way I behave…

Yang paling penting adalah aku merasa muda, di dalam sini, di hati ini, di setiap relung jiwa ini.

I don’t like sporty shoes, bikin kakiku bau karena terperangkap sampai beberapa lama di sana.

I hate my everyday and everynite rituals. Memoleskan pelembab, memoleskan krim wajah, rajin cuci muka, padahal aku orangnya serampangan dan kepingin bludas-bludus aja. Langsung tidur, langsung berangkat, langsung pergi, langsung istirahat. Ribet, ribet.

Sometimes, it ain’t fun to mingle in a group yang cuman cerita soal BlackBerry dan artis sinetron serta vokalis band yang ganteng, padahal aku pingin ngobrolin hal-hal yang lain, misalnya: how to get married real soon, how to overcome loneliness, how to behave in front of a bitchy colleagues…

Dan ya.

I always wonder how I look like with a great long hair!

Saat itulah aku sadar, siapa yang akan kutipu? Mengapa aku harus bersusahpayah terlihat muda? Mengapa aku begitu menggebu-gebu hanya karena aku tak ingin terlihat tua?

Hati yang selalu riang gembira memang tidak akan menghilangkan kerutan di wajah, tapi akan membuat wajahku cerah dengan senyum yang tak pernah berhenti terutas. Perangai yang menyenangkan akan membuat orang tak lagi peduli dengan pakaian yang kupakai serta kerut merut di wajahku, tapi mereka akan lebih mementingkan betapa serunya bercakap-cakap denganku, berteman denganku.

Dari hatiku yang selalu muda, yang berusaha untuk selalu bahagia, dan berdamai dengan setiap kepingan waktu, akan membuat aku terlihat muda… no matter how old I’m gonna be!

Lagipula, bagaimanapun aku berusaha untuk ‘menipu’ usia, tetap saja gaya gravitasi bumi akan menarik semuanya ke bawah. Aku tentu tak akan punya uang (sekaligus nyali) untuk menariknya ke atas dengan operasi plastik, kan? 🙂

Jadi, sudahlah.

Aku sudah nggak mau ngoyo lagi. Aku sudah nggak mau berusaha terlalu keras lagi.

Biarlah waktu menggerus kekenyalan kulitku.

Tapi waktu, tidak akan menggerus hati dan jiwaku.

Tsah! Boleh juga kan, usahaku untuk mengirit pembelian krim malam, krim pagi, sabun cuci muka, dan make up yang lumayan mahal karena sekarang aku lagi pingin nabung buat kawin, kapan-kapan? 🙂

***

Depan televisi, Sabtu, 6 Februari 2010, 8.49 Pagi

About Lala Purwono

Dreamer. Writer. Lover. Follow her twits @lalapurwono.

Discussion

25 thoughts on “Aku Tak Mau Terlihat Tua!

  1. right
    apakah aku pertamaxx???

    tak perlu takut terlihat seperti apa
    terlihat muda
    terlihat tua
    terlihat dewasa

    yang pasti di dalam hati kita bahagiaaaaaa
    cheers lalaaaa

    Posted by gerhanacoklat | February 6, 2010, 9:38 am
  2. Waduh … kalo saya sudah terlanjur tua nih … 🙂

    Posted by Oemar Bakrie | February 6, 2010, 11:34 am
  3. setuju dengan kajol
    tau kajol gak la?
    tuh yg punya gerhana coklat 😛

    gw mah yg ptg jiwanya muda terusss
    *nyambung ga ya*

    Posted by depz | February 6, 2010, 1:53 pm
  4. Kalau usia tubuh memang tidak bisa ditutp-tutupi. Keriput akan datang, jika ditutup akan kembali besoknya, teruus begitu. Tua tubuh itu pasti, maka harus ada yang menguat dari diri kutnuk mengimbangi lajunya tubuh. Berjiwa muda, senang hati, berbahagia setiap hari.

    Posted by mandor tempe | February 6, 2010, 1:58 pm
  5. seperti kata sebuah iklan : menjadi tua itu pasti,menjadi dewasa itu pilihan.

    gak usah takut dengan jadi tua,yg penting menerima diri apa adanya aja,dengan gitu kita akan nyaman,kita akan bahagia. gimana bisa bahagia kalo selalu ingin jadi something else? accept yourself for who you are:)

    *perkataan dari seseorang yg dulunya suka nyabutin ubannya nih,tapi setelah tau kalo uban itu bagus (baca di hadits) jadi udah bisa nerima apa adanya,akhirnya dibiarin aja deh;p

    Posted by didot | February 7, 2010, 12:24 am
  6. infoaja.com mau kenalan dulu aja dah…
    kunjungan pertama sih…
    salam kenal neng….

    Posted by infoaja.com | February 7, 2010, 11:59 am
  7. 22 tahun udah termasuk tua belum ya, hihihihi

    Posted by yos | February 7, 2010, 12:00 pm
  8. aku ingin terlihat lebih dewasa dan feminin.
    karena, untuk usia 27 tahun, aku ini nampak berantakan sekali.. ga ada wibawanya sama sekali 😦

    aku sering kali memaksakan diri memakai highheels, baju-baju cewek, make up dan semuanya..
    tapi justru itu semua membuatku merasa menyakiti diriku sendiri…

    i love your writings mbak..
    lama banget nggak kesini 🙂

    Posted by Indah reffi | February 7, 2010, 1:01 pm
    • Aku sebetulnya fleksibel, Dek. Mau macak lanang opo wedok, bisa kok… Tapi lebih seringnya sih tomboi.. 🙂
      Nggak apa-apa, tomboi is fine.. Sing penting tetep demen sama cowok.. hehehehe…

      Makasih, Sayang, udah mampir sini.
      Aku lagi mampir ke ayamkampretmu.. hehe

      Posted by jeunglala | February 8, 2010, 10:03 am
  9. hehehhe cewek bangettt nuy yg ribet dgn beginian hahahha

    berkunjung n ditunggu kunjungan baliknya makasih

    Posted by darahbiroe | February 7, 2010, 7:49 pm
  10. yup…yup….klo ga mau kelihatan tua mungkin harus hidup sehat…minum air putih minimal 1 gelas pas bangun tdr, trus rajin berolahraga…makan sayuran, buah2an.pasti deh..terlihat fresh…alias terlihat muda..sepertinya masih daun muda..hihihi…. pizz…salam. 😛

    Posted by julianusginting | February 8, 2010, 9:01 am
  11. Menjadi diri sendiri lebih nikmat,… ga musti ngikutin ini itu yg membuat jiwa kehilangan keseimbangan,… yg penting tetap berjiwa sempurna,.. bergaul sama yg muda oke sama yg tua2 juga jadi….. hehehehe

    Posted by avartara | February 8, 2010, 10:17 am
  12. Lalu aku berdoa semoga suatu saat kelak kecanggihan teknologi memudahkan aku untuk menjitak teman-teman cyberku itu secara langsung, dengan bogeman menembus layar komputer!

    Hahahahaa.. duhh.. jangan sampe dhe ada yang kaya githu, hihihi 😛

    Yupp.. yang penting hatinya happyy.. karena hati yang happy memancar ke wajah jugaa yang pada akhirnya bikin terlihat awet muda, ahahaha 😀

    Posted by Indah | February 8, 2010, 11:38 am
  13. Pepatah mengatakan ” Banyak manusia yg ingin umur panjang, namun tiada satupun yg ingin TUA”. . .

    Posted by Iwan zhou | May 18, 2010, 2:15 am

Leave a Reply

Catatan Harian

February 2010
M T W T F S S
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

Celotehan Lala Purwono

