you're reading...
daily's blings, Thoughts to Share

Sebuah ‘Pesan’

Bukan tanpa sengaja aku mendengar lagu Raindrops Keep Falling on My Head, yang dinyanyikan oleh B.J Thomas ini. Pagi tadi, teman kantorku mendadak bertanya soal siapa penyanyi lagu yang sering kami dengar tapi tidak pernah tahu siapa yang menyanyikannya.

Bermodal laptop dan sambungan internet, aku pun menjelajah dunia maya. Googling sebentar dengan mengetikkan judul lagunya, dan tanpa kendala aku menemukannya. Liriknya, nama penyanyinya, sekaligus klip videonya. How internet could be that helpful!

Sambil menyampaikan kabar ke temanku tadi, aku mengamati liriknya, ikut bernyanyi bersama B.J Thomas yang klipnya aku putar sekalian (ya, setelah streaming yang lumayan lama.. maklum, lemot!), sampai akhirnya aku teringat sesuatu. Bukan hanya tentang lagu itu, tapi juga betapa sebuah lagu akan memberikan makna yang berbeda jika didengarkan pada saat-saat yang berlainan. Mungkin lagu itu sekadar lagu biasa, yang hanya indah didengar, tapi tak berefek apapun juga. Tapi sebuah lagu, bisa jadi, menggugah sesuatu dari dalam hati, lalu memberikan semangat dan efeknya luar biasa untuk memunculkan senyum.

Teman baikku, Indah Wd, pernah bilang: “The right message will come along to our lives at the perfect time, somehow, someday.” Yang bila diterjemahkan dengan bebas adalah ‘pesan-pesan’ yang tepat akan mengunjungi kita di saat yang tepat ketika kita benar-benar membutuhkannya.

‘Pesan-pesan’ itu bisa berupa apa saja.

Seperti tulisanku yang kemarin, Sebuah Novel dan Penulisnya, ternyata membantu seorang teman penulis yang sedang kehilangan semangat untuk menulis karena merasa terintimidasi dengan karya-karya orang lain yang dianggapnya jauh lebih bagus. Aku bilang padanya, seperti yang sudah aku tulis di tulisanku kemarin, kalau sebuah karya pasti akan memiliki golongan peminatnya sendiri. Setiap tulisan memiliki ciri khas masing-masing. Jadi? Tetap berkarya. Menulis dari hati akan memberikan impact yang luar biasa, kelak. Tenang saja!

Kadang, ‘pesan’ itu juga muncul di sebuah kaos seseorang yang sama-sama menumpang sepeda motor seperti seorang teman dan suaminya. Ketika berboncengan ke kantor, dia melihat seorang pengemudi sepeda motor memakai sebuah kaos yang bertuliskan ‘pesan’ untuknya. Dia lupa apa tulisan persisnya, tapi yang dia ingat, tulisan itu adalah tentang TERSENYUM. Temanku bilang, “Bener, deh, La. Tulisan itu mengingatkan aku kalau senyum itu memang nggak pake modal, tapi ngasih efek yang luar biasa buat aku dan sekelilingku…” Dan bukan kebetulan kalau saat temanku melihatnya, dia sedang susah tersenyum karena memiliki banyak masalah, kan?

Apalagi, ya?

Sepertinya akan lebih menyenangkan kalau kamu membantu aku mencari contoh-contoh yang lain, deh..πŸ™‚

Nah, the right message memang akan datang di saat yang tepat. Exactly kapan kita membutuhkannya. Tanpa sadar, seluruh dunia akan berkonspirasi untuk mengajakmu bangkit lagi, make a change, take a step, dan mulai menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Tulisan di kaos, membaca sebuah artikel yang tepat menyentuh hati, melihat papan reklame, melihat seseorang di pinggir jalan, bercakap-cakap dengan seseorang, atau ini.

Seperti lagu yang tadi aku dengarkan, aku nyanyikan lariknya, dan kumaknai setiap kalimatnya, menjadikan aku sebagai perempuan yang tak ingin terlalu dimanjakan rasa sedih. Perhatikan liriknya dan kamu akan tahu kenapa aku bilang begini.

“Raindrops keep fallin’ on my head
And just like the guy whose feet are too big for his bed
Nothin’ seems to fit
Those raindrops are fallin’ on my head, they keep fallin’

So I just did me some talkin’ to the sun
And I said I didn’t like the way he got things done
Sleepin’ on the job
Those raindrops are fallin’ on my head, they keep fallin’

But there’s one thing I know
The blues they send to meet me won’t defeat me
It won’t be long till happiness steps up to greet me

Raindrops keep fallin’ on my head
But that doesn’t mean my eyes will soon be turnin’ red
Cryin’s not for me
‘Cause I’m never gonna stop the rain by complainin’
Because I’m free
Nothin’s worryin’ me…”

Ada sedikit selaput air mata yang membayang di permukaan bola mataku, tapi mendengarkan lagu ini seperti memberi energi yang sangat kuat untuk terus tersenyum.

‘Raindrops’ akan terus berjatuhan, tapi aku tidak akan banyak komplain tentang keadaan. Tidak berarti kedua bola mataku bakal berubah menjadi merah lalu menangis hebat.

Dan lagu itu semakin mencerahkan hari ketika sebuah liriknya berkata, “The blues they send to meet me won’t defeat me.Β It won’t be long till happiness steps up to greet me.”

Ya.

Aku tidak akan menyerah.

Bersabar saja.

Jadi, jadi.

Sekarang kamu percaya, kan, kalau ‘pesan-pesan’ itu akan datang di saat yang paling tepat? Karena kalau tidak, lagu seperti ini akan lewat begitu saja tanpa kumaknai sedikitpun kalimatnya…

Bagaimana dengan kamu? Sudahkah sebuah ‘pesan’ datang kepadamu hari ini?

***

Kantor, Rabu, 13 Januari 2009, 10.31 Pagi
Makasih, ya, Ndah…

About Lala Purwono

Dreamer. Writer. Lover. Follow her twits @lalapurwono.

Discussion

10 thoughts on “Sebuah ‘Pesan’

  1. tulisan Jeung Lala, selalu meninggalkan pesan berarti utk bunda.
    terimakasih krn sudah sharing ya Jeung.
    salam.

    Posted by bundadontworry | January 13, 2010, 2:39 pm
  2. artikel yang menginspirasi. sayangnya, pesan yang dimaksud nampaknya belum pernah sampai kepada saya.

    salam kenal.

    Posted by Ayahnya Ranggasetya | January 13, 2010, 2:39 pm
  3. Sip, terima kasih sudah sharing La ?. Aha lalu gimana resolusinya Jeung utk 2010….Nunggu Lala senyum πŸ™‚

    best regard,
    Bintang

    Posted by elindasari | January 13, 2010, 2:50 pm
  4. Pesan pertama hari ini …

    Lihat ke langit …
    Ada mendung menggantung di pagi hari …

    it means …
    Saya mesti bawa payung … !
    πŸ™‚

    Posted by nh18 | January 13, 2010, 4:24 pm
  5. Saya datang membawa misi perdamaian.
    Dengan rasa bangga saya juga ingin memperkenalkan BintangSatu
    Sebuah blog kawakan dengan PR 4/10 yang masih membutuhkan petunjuk,bimbingan, saran dan masukan serta kritik yang konstruktif dari para blogger senior.
    Sekalian mohon doa restu semoga BintangSatu bisa bersinar terang lagi.
    Terima kasih
    Salam hangat dari Kota Pahlawan

    Posted by Abdul Cholik | January 13, 2010, 6:29 pm
  6. Saya juga senang dengan lagu itu, dan baru tahu ternyata B.J. Thomas (atau sering juga dinyanyikan oleh penyanyi lain ya?). Tapi saya juga senang dengan lagu yg ada kata-kata (atau judulnya?) dancing in the rain …

    Posted by Oemar Bakrie | January 14, 2010, 8:33 am
  7. Kayaknya cukup satu postingan Mbak Lala ini aja dah merangkum berbagai pesan bermanfaat, hee. Ngomong2 tentang pesan yang bisa tiba-tiba kita dapat secara acak, apakah ada hubungannya dengan isi buku Black Swan, Mbak Lala dah pernah baca ?

    Posted by KutuBacaBuku | January 14, 2010, 11:09 pm
  8. nyimak aja deh jeung…

    Posted by bee | January 15, 2010, 2:18 am
  9. kata leluhur kita:
    “alam terbentang jadikan guru”,
    apa saja yang ada di hadapan kita, pastilah memiliki pesan. bukankah Tuhan juga memerintahkan kita untuk menangkap pesan-pesan yang ditinggalkan dari sekeliling kita?πŸ™‚

    Posted by vizon | January 16, 2010, 3:06 pm

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Who Are You? « the blings of my life - February 17, 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Catatan Harian

January 2010
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Celotehan Lala Purwono

%d bloggers like this: