you're reading...
It's About Me, It's me... today

Kenapa Menangis?

Saya dikenal sebagai perempuan yang cengeng. Orang Jawa menyebutnya dengan kata “Gembeng” (gem –> seperti di kata Gembok; beng –> seperti di kata Bengkok…. penting ya, La? Hihi), sehingga seringkali saya dibilang, “Dasar gembengan, sithik-sithik nangis…” alias “Dasar cengeng, dikit-dikit nangis”.

Siapa yang sering mengolok-olok saya seperti itu?

Oh, tersangka utamanya tentu kakak lelaki tercinta saya; Bro. Kakak saya ini yang paling hobi mengolok-olok adiknya yang manis, cantik, dan menggemaskan ini *hey, ini blog saya. terserah saya mau nulis apa, kan? hehe* Saking hobinya, dulu, sering banget dia sengaja lari-lari ke kamar cuman untuk memastikan apakah adiknya sedang menangis karena dia tahu di televisi sedang menayangkan drama yang mengharu-biru. Dan ketika sampai di kamar lalu melihat adiknya mewek, Bro malah ketawa terpingkal-pingkal lalu kembali ke kamarnya dengan perasaan suka ria! EDAN!

Tapi, sebetulnya, saya sih, nggak terlalu Β sewot kalau dibilang gembengan atau perempuan yang cengeng. Kenapa? Lha, karena saya memang sangat, sangat, SANGAAATTTT gampang nangis!

Ada banyak kejadian yang bisa memicu air mata saya. Bukan cuman soal patah hati saja yang bisa membuat saya menangis bombay seperti akting anak kecil di film ratapan anak setan, eh, tiri. Saya bisa nangis karena apa saja. Iya. APA SAJA.

Misalnya:

Saat menonton televisi, melihat adegan perpisahan, entah karena kematian atau karena putus cinta, misalnya… udah deh, mengalir kayak anak sungai! Tapi lucunya, saya tidak pandang bulu soal siapa yang mati dan siapa yang putus cinta, lho. Karena saya bisa nangis hebat saat Emak-nya KingKong di film Mighty Joe Young mati karena ketembak! Dez! Saya nangis sampai kayak orang gila… πŸ™‚

Saat saya putus cinta… oh well, ini pasti. Mau berapa oktaf, eh? Saya bisa jabani, dah.. Hehe. Mau nangis model apa aja juga pernah. Sambil kelonjotan di lantai, pernah. Sambil menjerit histeris, juga pernah. Sambil gigitin sprei, hm.. pernah juga kayaknya! πŸ™‚ *eh, eh, kalau kalian sampai percaya saya se-lebay itu, saya bakal musuhin kalian semua. Beneran! hehe*

Saat berpisah dengan orang-orang yang terdekat di hati selalu memicu air mata saya untuk turun kayak hujan lebat. Saat perpisahan dengan sahabat saya di stasiun Gambir, misalnya, saya nangis hebat karena sudah sepuluh hari terbiasa bareng-bareng terus dari pagi sampai pagi lagi dan kini harus kembali ke Surabaya. Saat mengantar pulang Pacar yang balik ke kotanya, nangis darah lagi. Setiap saat saya pisahan sama Sis Imelda Coutrier, nangis mulu, karena merasa entah kapan akan bertemu lagi.Β 

Saat fisik saya terluka, misalnya kena pisau, kesenggol knalpot, atau terantuk sesuatu dengan sangat keras sehingga memar-memar, saya juga menangis. Kadar histerisnya juga tergantung dari seberapa perih dan sakit yang saya rasakan, meskipun intinya sih, tetap saja: NANGIS.

Nah. Ada banyak alasan kenapa saya menangis, kan? Mau alasan yang sederhana seperti nonton televisi sampai yang menyangkut soal perpisahan dengan Mami tercinta, tujuh tahun yang lalu, semuanya berhasil memancing emosi saya dan membuat saya menangis bombay.

Cuman, nih, belakangan saya semakin nggak habis pikir kenapa sekarang saya makin gampaaaannnggggg aja mewek. Dikit-dikit, ngek. Dikit-dikit, ngek. Melihat anak kecil menjajakan koran di lampu merah, udah nangis. Melihat ibu tua pemulung sampah, nangis juga. Melihat bayi kecil lucu montok dengan pipi merah apel, nangis *karena kepingin punya tapi nggak punya lawan tanding buat bikin! hehe*. Mewek jadi semacam rutinitas bulanan gitu deh!

Selidik punya selidik, akhirnya saya pun baru mengetahui kalau siklus mewek bulanan ini berbarengan dengan siklus menstruasi saya! Iya. Konon, setiap menjelang datang bulan, saya menjadi perempuan yang over sensitive, yang moody abis, yang bitchyΒ dan seolah kepingin makan orang. OK, do not blame PMS, tapi kenyataannya memang begitu, Boss! Pacar saya tuh, yang jadi saksi betapa sensitifnya saya kalau sedang PMS.. *ya, nggak, Beib? πŸ™‚ *

Saya memang jadi perempuan yang sangat tidak menyenangkan dalam fase pre menstruation begini. Sedikit-sedikit, sensi. Yang biasanya digodain begini santai saja, eh, saat itu malah marah nggak jelas terus nangis. Yang biasanya cool, chill, easy, eh begitu PMS, malah menganggapnya berlebihan.Β 

Okay, saya memang sudah gembengΒ alias cengeng alias gampang mewek sejak dari sononya. Mau mens, kek, mau nggak.. saya emang setelan-nya cengeng. Udah auto pilotnya begitu πŸ™‚ Cuman, ya… once again, kalau sedang PMS, malah makin parah aja. Jadi nggak kebayang gimana histerisnya kalau saya sedang patah hati saat sedang menjelang datang bulan, kan? Udah, deh. Jauh-jauh dari saya kalau nggak pingin kena semprot!Β 

PMS memang udah berhasil bikin saya semakin menyebalkan saja setiap bulannya. Tapi PMS juga bikin saya merasa menjadi Nasionalis sejati! Iya. Nasionalis sejati. Pecinta tanah air gitu, deh.

Tahu kenapa?

Hm, karena tadi sore, saat saya melihat Deklarasi Rakyat buat Megawati-Prabowo di Metro TV dan mendengarkan alunan lirik ini:

Tanah airku tidak kulupakan
Kau terkenang sepanjang hidupku
Biarpun aku pergi jauh
Tidak kan hilang dari kalbu
Tanahku yang kucintai
Engkau kubanggai… (**)

Saya langsung mewek! BOMBAI! Sampai terisak-isak! Hati saya berdebar-debar dan buru-buru saya mencari tissue untuk menyusut air mata saya yang mengalir keluar seperti hujan deras plusΒ gledek. He eh. Sampai segitunya.

Artinya: saya memang Nasionalis sejati, kan? Iya, kan? Iya, dong, ya? Plis….. πŸ™‚

***

Sambil liatin konser Agnes di TransTV
Minggu, 24 Mei 2009, 10:37 MalemΒ 

Β 

ps. Kayaknya, lirik lagunya salah, deh! hehehe…

Β 

About Lala Purwono

Dreamer. Writer. Lover. Follow her twits @lalapurwono.

Discussion

24 thoughts on “Kenapa Menangis?

  1. Engkau kuhargai”

    Dasar, Mb’ Lala-ku πŸ™‚
    Menangis lah, biar nanti kalau tertawa kamu jadi terlihat lebih cantik dari sebelumnya …

    *gak nyambung*
    *minta di-upload foto Mb’ La kalo lagi nangis*

    Hehe, liriknya salah, ya… πŸ™‚
    Ntar ya, aku kasih photoku pas mewek.. πŸ™‚

    Btw, wis tak betulin, tuh… Biar ndak bold semua.. hehe

    Posted by Muzda | May 25, 2009, 1:26 am
  2. Kok komen gue bold semua ..??
    *gila, udah korslet nie, ngantuk*

    Hihihi.. makanya, Dek.. tidur aja.. tidurlah.. πŸ™‚

    Posted by Muzda | May 25, 2009, 1:27 am
  3. Entah kenapa saya juga selalu terharu mendengar lagu Tanah Airku itu. Lirik dan nadanya sangat menggugah dan mengingatkan kepada tanah-air, bagaimanapun kondisi dan situasinya …

    Iya, Pak Grandis.. Liriknya bener2 menggugah..
    Pernah, aku nyanyi di kelompok vokal, dan akhirnya musti berjuang supaya nggak nangis saat latihan.. hehehehe

    Posted by Oemar Bakrie | May 25, 2009, 7:16 am
  4. Tapi lagu itu memang gampang bikin terharu…

    Dan jika sikonnya memungkinkan, bisa juga bikin aku nangis bombay….(misalnya pas pentas akhir tahun anak2ku, mereka pada nyanyi lagu itu..sukses deh nangis bombaynya…bayangkan..di tempat umum gitu lo)

    Hehehe… jadi inget pengalaman sendiri saat nangis bombay liatin ponakan nari di pentas pertama kali, saat dia masih umur 3 tahun… πŸ™‚

    Posted by Dewi | May 25, 2009, 7:50 am
  5. berarti sekarang Lala lagi sensitif dong?
    ya udah, komennya bagus2 aja, biar gak bikin Lala mewek, hehe… πŸ™‚

    tingkat emosional seseorang terbentuk karena lingkungan sekitar. lingkungan keluarga yg tidak menabukan air mata, akan membuat penghuninya dg bebas mencurahkan segala perasaanya tersebut….

    Hiyak, benar!
    Lala lagi sensitif-sensitifnya, nih.. Jadi awas macem-macem kalo ga mau aku gigit… rrrhhh… *mengaum ala macan*

    Soal teori tadi, sepertinya memang benar, Uda…. πŸ™‚

    Posted by vizon | May 25, 2009, 8:08 am
  6. hehe… gampang banget nangisnya? jgn2 disamping emang lg PMS, mungkin ada kelainan di kelenjar air mata tuh πŸ™‚
    Menangis itu sehat kok mbak, nyuci mata biar bersih πŸ™‚

    Hahaha.. bener juga… mustinya aku segera check ke dokter, nih… Ntar pulang kantor ah… hehehe..
    *eh, pantas minusku cuman 1/4, mungkin karena kebanyakan nangis ya… πŸ˜€ *

    Posted by zefka | May 25, 2009, 8:20 am
  7. geblekkkkkkkkkkkkk!!!!

    Lo beda banget sam ague la,
    gak tau kenapa..gue tuh malu banget kalo nangin. Nangis itu sama dengan aib! makanya gue jarnag banget nangis! hehehe…

    makanya, mau bt, mau kesel, mau marah, mau happy..gue senyum aja…

    Kalo terkadang gue menangis….trust me…itu udah berat dan gue sama sekali gak bisa tahan πŸ™‚

    Gue tabok lo La, kalo nangis baca komen gue ini…

    Posted by the married woman | May 25, 2009, 9:37 am
  8. Jadi artinya, kalo lagi PMS jangan nonton film ratapan anak setan ya, Jeng?

    Posted by Vicky Laurentina | May 25, 2009, 10:58 am
  9. Syukurlah .. PMS sedikt nggak nya bisa disalahin…hehehe

    Tapi bener kok, gue juga gampang ‘mrembes mili’ kalau ada hal2 yang membangkitkan emosi.

    Tsaah,… perasa sekali daku ini . πŸ˜€

    Posted by p u a k | May 25, 2009, 11:30 am
  10. menangislah bila harus menangis karena kita semua manusia…

    Lam kenal and numpang nangis yach Mba… hiks… hiks… huurreeyyy…

    Posted by erza | May 25, 2009, 11:43 am
  11. gpp koq nangis.. saya juga kadang2 pengen banget nangis.. cuman susahnyaa…

    Posted by Billy Koesoemadinata | May 25, 2009, 12:37 pm
  12. wahhh
    untungnya kami laki2 tidak mengalami siklus itu
    bout that song, thats one of my favs
    diantara lagu2 nasional mksdnye

    Posted by depz | May 25, 2009, 1:10 pm
  13. That’s what I call …
    Musical Sensitivity …

    @
    http://theordinarytrainer.wordpress.com/2009/03/19/musical-sensitivity/

    Posted by nh18 | May 25, 2009, 1:13 pm
  14. sepertinya kebalik deh mbak, saya sebagai rakyat ndak pernah bikin deklarasi apa-apa buat simbok mega kok, mungkin beliau yang bikin deklarasi buat saya. hehe. btw ada saat-saat tertentu saya gampang banget tersentuh, langsung mewek, padahal saya ini cowok, ediyan! kok gembeng??

    Posted by mas stein | May 25, 2009, 3:06 pm
  15. Semua orang pernah menangis, cuma memang yang paling sering adalah wanita, “Tuhan memberikan air mata pada wanita untuk mencurahkan perasaannya(sedih, senang).dan ini bukan kelemahan wanita karena air mata ini adalah airmata kehidupan”.Btw lala sudah punya pacar baru yah, wah jadi patah hati nech (perlukah menangis…., gak lah, selamat yah….)

    Posted by Nazar | May 25, 2009, 4:34 pm
  16. Lagi PMS juga ya…
    kok kita berempat bisa PMS an bareng ya? huhehehehehehe

    Posted by Ria | May 26, 2009, 11:11 am
  17. hmm,,,
    saya kadang2 susah utk nangis,,
    tapi kadang2 gampang bgt nangis,,

    duh,,,, kq bisa ya mbak?

    Posted by Myryani | May 26, 2009, 9:40 pm
  18. nangis ya? trakhir keknya pas eyang kakung seda, abis beliau dimandiin pagi2 dan anduknya kupegangin terus sampe malem. baru aku meledak karena baru ngeh tangan keriput yg biasa menepuk pipiku tiap pagi, atau ngusap2 rambutku sampe aku tidur tiap aku berlibur ke sana, udah nggak ada lagi.
    it was 98. damn! it’s been eleven years…

    Posted by The Bitch | May 28, 2009, 11:29 am
  19. oh, i forgot!

    haluw, mbak lala!

    (=

    Posted by The Bitch | May 28, 2009, 11:30 am
  20. Guess its only the PMS who should take d blame dech la..
    keknya kepribadian lo melankolis juga ya..?
    Bener ga ? πŸ™‚

    Posted by Eka Situmorang - Sir | May 29, 2009, 10:32 am
  21. Enak yah bisa nangis doang, w patah hati malah doyan makan aneh ya

    Posted by Ervinna | May 30, 2009, 7:53 pm
  22. nangis dulu….tertawa kemudian
    πŸ˜₯

    Posted by mikekono | June 7, 2009, 10:54 am
  23. ceritanya beda, tapi kenapa judulnya sama yah?
    ah jadi malu sayah πŸ™‚

    Posted by mascayo | June 8, 2009, 10:41 pm
  24. sama mb,aq juga gembeng buanget,ampe gc ketulungan..
    kadang cape mb,nangis karna hal2 sepele,
    tambah dongk0l lagi,kal0 qt lg nangis,tp 0rang yg bikin qt nangs gc ngeh,
    apa lagi ky suami aq neh,
    aq nangis darah ky gini,mlh ditinggal m0l0r ma dy,pdhl dy yg bikin nangis,
    malesi bgd kan??!
    kadang ampe heran mb,apa aq ne kelebihan kelenjar air mata y??
    kog gampang bgd nangis.

    Posted by Riana | August 3, 2012, 6:51 am

Leave a Reply

Catatan Harian

May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Celotehan Lala Purwono

