you're reading...
Just a Thinking

whoa, whoa, Woman!

Kata Elvis Costello, perempuan tuh…

“May be the beauty or the beast
May be the famine or the feast
May turn each day into a heaven or a hell….”

(She)

Hm, got to be agree with this.

Seringkali, atas nama PMS, perempuan dibenarkan untuk menjadi makhluk yang paling menyebalkan di atas permukaan bumi. Seminggu dalam satu bulan, perempuan punya privilege untuk bertingkah nyebelin; ngamuk-ngamuk nggak jelas, bitchy, membiarkan mood-twist yang bikin banyak orang kebingungan serta serba salah, dan beberapa hal lain yang dilakukan sambil berlindung di bawah kalimat ini, “Hey, gue lagi mens. Hormon gue lagi nggak beres, nih!”

Jadi, seperti yang dibilang Elvis Costello, we, women, could turn each day into a heaven or a hell… Yay!

Makanya, saya cuman bisa manggut-manggut aja ketika mendengarkan lirik lagu Indecent Obsession tentang perempuan di lagu mereka yang ini, Gentleman Style.

“She’s poison and angel
She’s fire and rain
Here I go,I’m falling again
Watch my heart come to life in the light of her smile
While it’s silently breaking gentleman style…”

(Gentleman Style)

Sama seperti yang dibilang Elvis Costello, kan? Perempuan itu bisa beauty or the beast, yang diterjemahkan secara bebas menjadi: kadang kalem, kadang garang! 🙂 Kalau Indecent Obsession bilang, perempuan tuh poison and angel, fire and rain. Perempuan adalah kepribadian yang kompleks, complicated, kadang begitu tenang dan hangat, tapi di lain waktu bisa menjadi perempuan yang sangat tangguh dan menyeramkan!

I couldn’t agree more.

I am a woman.
And I am THAT complicated.
*kedip-kedip*

Tapi, tapi.. pas Mas Ar, kakak ipar saya, bilang begini:

“Perempuan itu sumber masalah! Hati-hati!”

Saya langsung ngamuk! Iya. Ngamuk-muk-muk! Kok bisa-bisanya perempuan jadi sumber masalah? Apa perempuan sebegitu menyeramkannya sampai-sampai setiap lelaki musti berhati-hati?

Ck-ck-ck!

“Contohnya Bossku itu, Dek,” kata mas Ar sambil mengemudi Xenia biru langitnya menyusuri ruas jalan Surabaya yang macet dengan saya di samping kirinya. Malam itu, saya memang sengaja nebeng. Lumayan, ngirit duit angkot! Hehe. “Karir yang dibangun sampai bertahun-tahun, reputasi yang dibentuk sampai membuat dia disegani banyak orang, harus hancur karena ulah perempuan-perempuan…”

Klasih, sih. Lelaki –> banyak duit, kerjaan super bagus, bini tua yang membosankan –> cari perempuan yang masih kinyis-kinyis dan rela dikawin di bawah meja, eh, tangan.

Nggak perlu baca Oh Mama, Oh Papa untuk tahu cerita seperti ini, kan? Cerita seperti ini emang sudah banyak terjadi. Bahkan mungkin ini adalah kisah rekan kerja, tetangga sebelah rumah, atau artis-artis yang setelah mengorbit akhirnya ramai-ramai menceraikan istrinya! No question!

Okay, balik ke cerita yang tadi. Apa yang terjadi dengan si Boss?

Jadi begini.

Karena kawin lagi dengan perempuan yang jauh lebih muda, membelikan apartemen, mobil, dan perhiasan-perhiasan, istri tua cemburu *apalagi sebelumnya nggak pernah tahu!* lalu berikrar: “Sebelum suamiku jatuh miskin, nggak bakal aku berhenti mengacak-acak bisnis suamiku dan ngebocorin rahasia-rahasia kelicikan suami terhadap perusahaannya sendiri.” Karena menurutnya, “Setelah miskin, nanti juga bakal pulang ke rumah dan ninggalin istri mudanya…”

Saya nggak banyak komentar, selain menelan saja semua informasi yang sepertinya terlalu banyak untuk sepuluh menit pertama duduk di dalam mobilnya.

“Atau contohnya seperti kasus Antasari itu, Dek…”

Memang, berita tentang ketua KPK yang terlibat dalam kasus pembunuhan Nasruddin yang dipicu oleh perempuan muda bernama Rani *yang buset bujugbuneng, blognya langsung diserbu ratusan ribu orang perhari! Ck-ck-ck!* itu masih simpang siur. Belum jelas. Apakah memang benar karena cinta segitiga *Aduh, aduh! penting ya, sampai ngebunuh orang segala?* atau karena konflik-konflik lain.

Whatever.

Intinya, dari hasil membaca di koran dan situs-situs internet, plus bergosip dengan beberapa teman, permasalahan itu bermula dari Rani yang…helloowww… PEREMPUAN.

“Kalau Nasruddin nggak iseng godain caddy pas lagi main golf, mungkin ceritanya bakal beda, Dek…” kata Mas Ar lagi. “Makanya, kalau sudah punya istri, musti hati-hati deh sama perempuan.. Bisa panjang urusannya!”

I was somewhere in between.

Sebel karena Mas Ar punya pendapat yang ‘menakjubkan’ tentang perempuan *udah gitu, dia punya cerita yang amazing begitu*, tapi juga seneng karena dengan begitu, saya nggak perlu kuatir Mbak Pit akan bernasib sama seperti Mami.

Ketika turun dari mobil, masih dengan pikiran yang penuh tapi tak tersalurkan sepanjang satu jam perjalanan, saya memutuskan untuk menelpon sahabat saya.

“Eh, Boss… menurut lu, salah siapa, ya, Nabi Adam sampai turun dari Surga?”

“Salah siapa? Hmm… Bentar, bentar… ” Sahabat saya mikir-mikir. “Kalo nggak salah…  saat itu, Hawa yang duluan digodain setan buat makan buah terlarangnya, kan, La?”

“He-eh, deh, kayaknya.”

“Nah, kalo gitu, salah siapa coba?”

Hayah! Malah nanya! 😦

“Intinya, sih, La… Perempuan itu makhluk penggoda yang paling hebat, deh, kayaknya.. Buktinya, ada lagunya, kan? Yang itu tuh, tekuk lutut di sudut kerling wanita…”

Saya tertawa. “Bener banget, sih, Boss… Dulu, pas gue naik motor terus lupa bawa stnk, pernah kan gue cuman kedipin doang dan akhirnya gue lolos?”

“Iya, tapi bisa jadi bukan karena kedipan maut elu, La… tapi karena dia nggak mau cari perkara sama orang sinting kayak elu!”

“Asem!”

“Hahaha…”

Usai menutup telepon, beberapa menit kemudian, saya duduk di depan televisi yang menyala dengan pikiran yang melayang ke mana-mana.

Biarin, deh, perempuan dianggap sebagai sumber masalah. Biarin juga ada pendapat yang mengatakan kalau setiap lelaki musti berhati-hati saat menghadapi perempuan.

Biarin, biarin, biarin.

Sebodo, bodo, bodo.

Karena satu hal yang pasti, saya merasa sangat beruntung terlahir sebagai perempuan.

Yang setiap kedipan mata, ulasan senyum, dan sentuhan lembutnya memiliki kekuatan yang tidak terbayangkan.

nggak kebayang aja ngeliat cowok ngedipin mata ke Polisi yang lagi siap-siap nyobek surat tilang karena lupa bawa STNK! Jijay!

Yang setiap tetesan air matanya bisa menjadi senjata pamungkas untuk memenangkan hati kaum lelaki *at least, itu saya banget! hihi*

…ngebayangin cowok nangis saat berantem sama ceweknya, kok berasa gimanaaaa gitu ya?

Yang bisa melahirkan bayi-bayi cantik di dunia! yay!

okay. Cukup Arnold di film Junior aja, deh, saya ngeliat cowok ngelairin bayi!

Saya bangga menjadi perempuan. Yang sering disebut heaven or hell, beauty or beast, poison and angel, fire and rain, juga sumber masalah.

Because that’s who I am.

A woman.

Persis seperti yang ditulis Meredith Brooke di lagunya:

I’m a bitch, I’m a lover
I’m a child, I’m a mother
I’m a sinner, I’m a saint
I do not feel ashamed
I’m your hell, I’m your dream
I’m nothing in between
You know you wouldn’t want it any other way

I’m a bitch, I’m a tease
I’m a goddess on my knees
When you hurt, when you suffer I’m your angel undercover
I’ve been numb, I’m revived
Can’t say I’m not alive
You know I wouldn’t want it any other way

(Bitch)

Saya adalah bitch, tapi saya bisa menjadi seorang malaikat di waktu yang lain.

Hey, Women..
Isnt’ that amazing, or what?

***

About Lala Purwono

Dreamer. Writer. Lover. Follow her twits @lalapurwono.

Discussion

21 thoughts on “whoa, whoa, Woman!

  1. Ada lagi lagunya The Changcutter ” Wanita racun dunia”, he..he. Tapi apapun itu wanita adalah makhluk yang sangat mulia…

    Hahahaha..
    Bener banget!
    Kenapa tadi nggak kepikiran, ya? 😀

    Posted by Nazar | May 7, 2009, 3:39 pm
  2. perempuan…?
    sekomplek apapun persoalan yg disandangkan kepada perempuan, saya tetap menghargainya, karena ia adalah ibu saya, istri saya, adik saya, kakak saya, anak saya… dan tentunya sahabat saya… benarkan La…? 🙂

    bener banget, Uda…
    *sambil nyusut air mata pake tisu… duh, duh.. jawaban ini sangat manis!* 🙂

    Posted by vizon | May 7, 2009, 3:51 pm
  3. Saya bersyukur terlahir sebagai perempuan 🙂

    Walaupun kadang,, saya pengen melihat dunia dengan saya sebagai seorang pria … =D

    Hihihi. nggak kebayang aja kalo ini bener-bener terwujud…
    inget film Hot Chicks? *eh, bener ga sih? itu lho, film tentang perempuan dan lelaki yang jiwanya saling tertukar?*
    Repot euy urusannya… 😀

    Posted by chichi | May 7, 2009, 4:45 pm
  4. Ada beberapa yang paling de syukuri dalam hidupqu ini seperti memiliki keluargaqu seperti yang ada sekarang dan yang satu lagi adalah de terlahir menjadi seorang perempuan 🙂

    Tos dulu ah, De! Samaaaa!!! Banget…!! hehehehehe

    Posted by Dede Dim-Dim ^_^ | May 7, 2009, 5:00 pm
  5. kebetulan saja cerita yang sampeyan tulis di atas wanita memang jadi sumber masalah, tapi kalo dibeber semua persoalan mungkin statistiknya masih bisa diperdebatkan.

    kalo sampeyan pernah denger cerita tiga dosa, berzina, membunuh, dan mabok, sumber kejahatan adalah mabok…

    Itu dia… memang seharusnya kan dilihat kasus per kasus…. Nah, kebetulan emang yang dijadikan topik saat itu adalah perempuan yang menjadi sumber masalah… Padahal sejatinya, yang menjadi masalah adalah hati nurani setiap manusia… *cieh, bahasa gue tumben segini pinternya.. hihihi*

    Posted by mas stein | May 7, 2009, 5:05 pm
  6. wanita oh wanita….

    Kenapa oh kenapa….

    Posted by ATM TUKANG™ | May 7, 2009, 5:57 pm
  7. Waktu masih mahasiswa di motor saya ada stiker tulisannya KUWAHARA, entah itu merek shockbreaker atau apa soalnya yg nempelin adik saya. Ada teman perempuan yg agak ngocol secara iseng mengartikan itu sebagai KUrasa WAnita HAnyalah RAcun … Untungnya saya tetap “laku” waktu itu … hehehe …

    HUakakakaka… si temen perempuan itu kreatif banget, sih, Pak Grandis…
    Edan, ya, udah pake stiker gitu, tetep laku juga.
    Lah, aku yang tak tempelin stiker: “Wanita Cantik Ini Butuh Suami. SEGERA”, eh, kok nggak laku2 juga sampai hari ini… hihihihi

    Posted by Oemar Bakrie | May 7, 2009, 6:48 pm
  8. Wanitaa.. ooohh.. wanitaa.. kadang susah untuk dimengerti tapii kalo di dunia ini ngga ada yang namanya wanita, bakal sepi bangets kali yaa, ahahaha 😀

    Apa kabar, Lalaa? 😉

    Jelas sepi, Ndah! Apalagi kalo yang ngga ada tuh jenis-jenis bawel kayak gue, yessy, puak, ria… and elo! hiihii
    Kabar? buaek, Ndah..
    elo gimana?

    Posted by Indah | May 7, 2009, 7:22 pm
  9. Aku juga bahagia terlahir sebagai perempuan ..
    Walaupun aku tak mau dibilang lemah,, tapi saat kelemahan itu terlihat, aku punya excuse ,,,, “aku tetap perempuan…”

    Ajaib ya Mb’ 😀

    Ajaib banget, Dek! 🙂
    Excuses, excuses, excuses… Apalagi kalau lagi males… hihihi

    Posted by Muzda | May 7, 2009, 9:33 pm
  10. Lo kenapa siy belakangan ini gak telpon telponan lagi sama gue?? Suka sebel deh….lo udah gak cinta lagi sama gue???

    Huahahaha..
    duh, yessy… gue cinta ama elooo… benerann….. yang nggak cinta sama elo itu pulsa XL gue… sampai sekarang belum gue isi… hihihihihi….

    Posted by yessy muchtar | May 7, 2009, 9:35 pm
  11. heuheu… cerita ttg yg lagi hot dibicarain ya mbak…

    Hot banget… hihihi
    Apa kabar, Dek?
    Pst.. jadi ternyata itu cowok udah punya pacar? Hell, yeah… it’s not the end of the world, kan… Yuk, senyum lagi! 🙂

    Posted by Myryani | May 7, 2009, 11:29 pm
  12. perempuan muda bernama Rani *yang buset bujugbuneng, blognya langsung diserbu ratusan ribu orang perhari! Ck-ck-ck!*

    Eehh.. lupa nanya, alamat blog-nya apaan seeh, Laa? :p

    hihihi… kenapa, Ndah? mau jadi pengunjung yang kesekian juta? hehehe…
    alamatnya di sini nih: http://rani-juliani.blogspot.com

    Posted by Indah | May 8, 2009, 7:20 am
  13. La, harusnya quote juga lagunya John Lennon yang “Woman”. Jangan yg cuma ngatain cewe cantik, seksi, manis nan imut ituh bunga sekaligus duri *dangdut banget sich*

    Harusnya para lelaki lebih sensitif seperti mas John ini

    Woman I can hardly express,
    My mixed emotion at my thoughtlessness,
    After all I’m forever in your debt,
    And woman I will try express,
    My inner feelings and thankfullness,
    For showing me the meaning of succsess,
    oooh well, well,
    oooh well, well,

    Woman I know you understand
    The little child inside the man,
    Please remember my life is in your hands,
    And woman hold me close to your heart,
    However, distant don’t keep us apart,
    After all it is written in the stars,
    oooh well, well,
    oooh well, well,

    Woman please let me explain,
    I never mean(t) to cause you sorrow or pain,
    So let me tell you again and again and again,
    I love you (yeah, yeah) now and forever,
    I love you (yeah, yeah) now and forever,
    I love you (yeah, yeah) now and forever,
    I love you (yeah, yeah)…

    Aih!
    IIN!
    Kemarin aku juga mau nempelin lagu iniiiii…
    Yuk mari, kita bernyanyi…

    Eh, btw…
    lagu itu romantis banget, lho.. persembahan khusus John Lennon buat Yoko Ono.. ugh yeah!

    Intinya sih, In.. betulnya, setiap lagu-lagu itu pada akhirnya memuji si perempuan..
    mau dibilang poison and angel, teteuppppp mereka terpesona sama kitaaaa… hihihihi

    Posted by 1nd1r4 | May 8, 2009, 11:53 am
  14. “Saya adalah bitch, tapi saya bisa menjadi seorang malaikat di waktu yang lain.”

    Mengapa tidak berusaha menjadi seperti malaikat saja … sepanjang waktu …

    memang tidak akan bisa se perfect itu …

    But … berusaha kearah sana kan sepertinya bisa kita lakukan …
    (terlepas dia itu perempuan atau laki-laki …)

    Salam saya

    Posted by nh18 | May 8, 2009, 2:26 pm
  15. ya gitu deh kalo wanita sudut pandangnya sbg *object* …
    kalau sebagai *subject* ya it’s ur call

    gw setuju banget ama
    :: Yang setiap tetesan air matanya bisa menjadi senjata pamungkas untuk memenangkan hati kaum lelaki :::
    hiks…hiks…udah jangan nangis dong lala..
    aku udah capek meras handuk

    Posted by AFDHAL | May 8, 2009, 4:01 pm
  16. La,
    kata temen gw yang taat sholat dan baca Alquran, salah satu tanda-tanda kiamat adalah ketika populasi dunia lebih banyak wanita-nya ketimbang pria-nya?
    jadi tambah dong listnya, wanita pembawa kiamat!
    😀

    Posted by hawe69 | May 8, 2009, 4:24 pm
  17. Mengutip komentarnya hawe69 di atas :

    salah satu tanda-tanda kiamat adalah ketika populasi dunia lebih banyak wanita-nya ketimbang pria-nya?

    Waa.. sekarang khan emang lebih banyak jumlah wanita dibanding priaa..

    Berartii.. berartii..

    *simpulkan sendiri*

    Huahahaha 😀

    Posted by Indah | May 8, 2009, 10:14 pm
  18. She – from elvis Castello….
    La, lu tau…?
    Itu lagu adl lagu yang bertanggung jawab atas keputusan suami gue mendekati gue. Hehehehhe

    Coz he loves that song so much and tanpa sengaja gue menyenandungkan lagu itu ! Dan dia memutuskan mengejar gue sampe dapet hehhehe. Soale dulu di tahon 2003 (kata suami gue) gak banyak org tau lg itu (again thats what he said) hehehehe

    Duuch gak ngerti dech gimana si Cupid memanahkan api cintanya itu 😉

    Wanita dibenci sekaligus dicinta hehehe

    Hihihi…
    Coba suami elo ketemu gue duluan, Ka… Mungkin nyasarnya ke gue kali itu panah.. huakaka…
    Gue pingin tahu gimanca cara kerja Cupid dalam memanah cinta. Ada buku manualnya nggak ya? 🙂

    Eh, Bu..
    FYI, nih. She adalah lagu favorit mantan yang dipersembahkan khusus untuk gue…. hihihi….

    Posted by Eka Situmorang - Sir | May 9, 2009, 3:04 pm
  19. Aku bangga banget terlahir sebagai perempuan….

    aku kalo PMS, selalu mencoba unt melawan dan melawan ngga mau larut jadi bete, gampang nangis ato gampang marah 😀 soalnya habisnya itu aku pasti sengsara sendiri.

    Posted by Retie | May 11, 2009, 3:26 am
  20. hmmm

    Aku ngga mau dibilang Bitch
    tapi aku tahu I can be “a great pretender”.

    bener kata om kamu tuh la,
    kalau kita bisa berusaha jadi angel, kenapa musti jadi bitch.

    coba deh hitung, seminggu dalam sebulan,
    12 minggu dalam setahun
    seperempat wkatu kita hidup? dilalui dengan miserable?
    hell no, I dont like/want to be THAT KIND OF WOMAN.

    EM

    Posted by Ikkyu_san | May 12, 2009, 2:24 pm

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Inget Lala, nih! | The Blings Of My Life - May 15, 2009

Leave a Reply

Catatan Harian

May 2009
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Celotehan Lala Purwono

