you're reading...
It's About Me, It's me... today

Why Married?

Percakapan nggak penting di atas ranjang yang mendadak protes dan menjerit-jerit nelangsa karena saya dan Lin asyik ngelesot di sana🙂

“Lin?”
“Ya?”
“Kenapa menikah?”

Lin belum menikah; she’s a single gal just like me. Sama-sama gila, sinting, urakan, dan bisa bikin drama di manapun, kapanpun.. hehe… ‘Kenapa menikah’ adalah pertanyaan dengan maksud: kalo someday elo udah mutusin kawin sama seseorang, kira-kira kenapa ya alasannya? 

…ternyata setelah bersahabat selama sebelas tahun, saya bisa bertelepati kecil-kecilan dengan sahabat saya! Haha.

“Hmmm… karena gue pingin, saat gue mimpi buruk, ngigo nggak jelas, dan ketakutan…. ada yang bangunin gue, meluk gue, dan ngeyakinin gue kalau semuanya bakal baik-baik aja… by saying… ‘itu cuman mimpi, Sayang’…”

Saya tersenyum.

“Gue bisa gitu juga, kan? Meluk elo, biarpun najiz banget pastinya, tiap lo mimpi buruk?”

“Tapi nggak bisa tiap malem, kan??”

Saya tersenyum lagi. Dalam hati saya berpikir, temen saya ini kasihan banget sih, tiap malem mimpi buruk… Emang dosa apa, coba?😀

“Bisa aja, lah, kalau diusahain,” kata saya meskipun sempet mikir lagi, ini cewek cakep nggak, baik hati banget juga nggak, kok saya niat banget nemenin dia tiap malem… Hidih! Kurang kerjaan… hihi

“Tapi, tapi…”

“Apa lagi?”

I could never f**k you… right???” katanya sambil mesam-mesem dan sukses bikin saya jatuh dari tempat tidur! 

 

Gila, apa???

Saya masih doyan lelaki, kok. Sumpah. Beneran. Saya nggak boong! Tanya toko sebelah deh kalau nggak percaya… (hihi, pinjam istilahnya lagi ya, Om Trainer… )

“Okay, okay. Anggap aja kalimat lo yang terakhir itu ga pernah gue denger, ya, Bu…” kata saya sambil berusaha menghilangkan kalimat najiz tadi. Sumpah, jadi ilfeel banget!🙂 “Jadi, elo menikah karena you wanna ‘do it’ with a man? Lelaki yang bisa meluk elo tiap malem? Cuman itu doang, eh?”

“Yaa… bisa jadi sih, gue ‘do that thing’ with random guys… Tapi dengan menikahi lelaki yang gue cintai, gue bisa dapetin semuanya dengan halal!” katanya sambil cengar-cengir. Ini perempuan pasti sudah ngebayangin yang jorok-jorok, deh… 

“Hmm…”

“Kenapa?”

“Nggak kenapa-kenapa, sih..”

Diam sejenak. Saya asyik dengan laptop saya, Lin asyik dengan buku Chicken Soup for the Lover’s Soul-nya. Begitu terus sampai beberapa saat. Sampai bermenit-menit saya lewati dengan mesam-mesem di depan laptop dan Lin dengan lembaran cerita-cerita romantis yang bikin nangis itu.

“Hey, sekarang giliran gue nanya ke elo, ya?” kata Lin tiba-tiba.

Yap. The silence is officially over…  

 

“Apa?”

“Kenapa elo mendadak takut nikah?” tanyanya dengan mata yang sok serius.

“Hah?”

“You heard me, Dear. Yang gue tahu, dulu elo yang selalu bilang sama Pacar-Pacar elo.. kapan mereka bisa kawinin elo, kan?”

 

Buset! Emang saya se-desperate itu, yah? Ck-ck-ck!

“Nah, sejak kapan elo mikir kepanjangan soal kenapa harus married kalau dulu elo segitu menggebunya??”

 

Ih!

 

“You’re different, now. Sekarang elo kebanyakan mikir, kebanyakan alesan… Begitu ditantangin nikah sama orang, malah mundur…”

Saya diam.

I had nothing else to do, but silent.

“Elo boleh punya segala trauma tentang relationship, La. Semua perselingkuhan yang elo liat sendiri itu… yang elo rasain… yang lo tahu… jangan dijadiin sebagai beban, dong…”

“…” 

“Buktinya, semuanya berakhir dengan til death do us apart, kan?”

“…”

Indeed.

“Jadi?”

Jadi?
Jadi?
Hm……
Pertanyaan yang keluar dari mulut sahabat saya itu belum terjawab, karena sampai saat ini, saya benar-benar nggak tahu, apa membuat saya menjadi seperti ini:

A woman who’s crying for help, 
But she’s hiding when someone comes for rescue and saying, “Nope, I’m fine… don’t worry about me…  I can take care of myself…”
….
…. 

***

Lin’s bed, March 6th, 2009
1.30 AM 

About Lala Purwono

Dreamer. Writer. Lover. Follow her twits @lalapurwono.

Discussion

22 thoughts on “Why Married?

  1. why married??
    aaah… tricky question..
    I have no answer untill know..
    tapii itu cuma bisa dirasain La, krn nikah itu menyatukan dua KELUARGA, bukan cuma dua HATI, dan ituuuu yang lebi ribeeeet, huhu, bener dah, ituu yang lebi ribet

    Posted by jones | March 6, 2009, 8:20 am
  2. Kenapa menikah ?
    Karena kita diciptakan berpasangan …
    Pasti ada maksudnya itu …
    Kenapa Tuhan menciptakan sesuatu secara berpasang-pasangan …

    So make it simple then …
    Why married … because The GOD said so … !🙂
    (I think …)

    Posted by nh18 | March 6, 2009, 9:03 am
  3. Kenapa bertanya?

    Mengapa tidak lakukan saja?

    Kenapa takut?
    Kenapa ragu?

    Ada masanya seseorang harus menempuh ujiannya…anggap saja menikah sama dengan begitu🙂

    Lala….

    Kenapa menikah???

    ADuh…kalo lo tanya sama gue…mungkin alasan gue yang paling bener adalah!

    hehehe….Halal la…Halal….hehe..kalo bisa di bikin halal.Kenapa mesti ngerjain yang haram😛

    Salam gue…(bukan salam dari Om trainer ..atau salam dari jauhnya bang MS :P)

    Posted by the married woman | March 6, 2009, 9:10 am
  4. Nikah….
    biar HALAL duonk…
    hehehe
    piss

    Posted by AFDHAL | March 6, 2009, 11:18 am
  5. A woman who’s crying for help,
    But she’s hiding when someone comes for rescue and saying, “Nope, I’m fine… don’t worry about me… I can take care of myself…”..
    Dear Mb lala,
    Saya juga mulai memikirkan tentang why married? karena saya fikir saya juga baik-baik saja, saya juga bisa menjaga diri saya sendiri..bagian tertentu dari kesinglean ini sangat menyenangkan..bisa melakukan banyak hal sendirian tanpa beban..bisa jalan-jalan kemana aja tanpa khawatir karena meninggalkan pasangan dan anak dirumah..
    Tapi dibagian lain itu juga tidak menyenangkan..apalagi kalau teman-teman sudah mulai bercerita tentang “suami”, “anak-anak”. dll….
    mulai deh pertanyaan “When” muncul..
    dulu saya pernah baca sebuah quotation, tapi lupa sumbernya di mana..” karena kita adalah malaikat bersayap satu..yang bisa terbang hanya jika kita berpasangan..”

    Posted by hesty | March 6, 2009, 1:30 pm
  6. Why married?

    Hmm.. Gua pernah nanya hal yang sama ke teman2 gua, Laa, ahahaha..

    And somehow their answers don’t satisfy me, huehehe :p

    Bukan berarti salah ya, karena gua pikir ngga ada jawaban bener or salah dalam hal ini karena semuanya relatif.

    Cuman jawaban mereka belum ada yang ‘klik’ ke gua, belum ada yang bikin gua ber-ooohh, ini lho jawaban yang selama ini gua cari, yang selama ini ada dalam hati gua tapi ngga bisa gua rumuskan dalam kata2🙂

    Jadi yaa gua pikir mang ada pertanyaan2 tertentu yang harus elo cari jawabannya sendiri, Laa😀

    Happy looooooong wiken ^o^

    Posted by Indah | March 6, 2009, 1:34 pm
  7. oops…gw banget…somehow gw masih bertanya, kalo memang married bcoz GOD said so..then why still those certain women stay single ?
    fiuh…

    Posted by frozzy | March 6, 2009, 3:29 pm
  8. why married? hmm.. because i wanted to have someone besides me, everytime, everywhere.. not just because she cares about me, but also because she had to be with me..

    because, she can’t live without me.. and, also i can’t live without here

    why?

    because life isn’t as simple as we know.. because, couple can make changes that single can’t made

    why?

    because, not always because ’til death do us apart.. but, ’til time goes by, and growin’ old together..

    *halah.. kenapa jadi sok puitik gini ya? apa cocoknya phatetic?😛

    Posted by Billy K. | March 6, 2009, 5:30 pm
  9. WHY NOT ? as simple as that … hehehe🙂

    Posted by Oemar Bakrie | March 6, 2009, 6:08 pm
  10. Why not?
    Ikutan pak Hendra….
    Sederhana kok sebenarnya….entah kenapa pengin aja…..hehehe

    Posted by edratna | March 6, 2009, 6:26 pm
  11. karena gak mau dong punya anak, eh di aktenya ditulis : anak luar nikah…

    Posted by hawe69 | March 6, 2009, 9:56 pm
  12. Kebutuhan kali ya… soalnya udah dari sononya… diciptain berpasangan….
    Tapi samapai sekarang saya sendiri masih PANGLATU… sebenarnya nggak berwenang menjawab ya… he.. he.. he…
    Salam dari jauh……

    Posted by Michael Siregar | March 7, 2009, 12:01 am
  13. Kelupaan… selamat bersenang senang ya… yang kopdaran di Yogya… salam buat teman teman di sana… sayang saya nggak bisa dateng… mungkin lain kali…

    Posted by Michael Siregar | March 7, 2009, 12:03 am
  14. I basically agree with om trainer, Allah sudah menciptakan ada pria dan wanita….so it meant to be something behind. Based on my personal experience😀 …. sometimes there are many things that we don’t have to ask “why” ….. but actually u know that the answer is there….bingung yah??? gw juga bingung….😀

    Posted by 1nd1r4 | March 7, 2009, 8:14 am
  15. kok lama banget ya di jemput sama pangeran kita la…biar bisa ngerasain merried😀

    siapa duluan nih lu atau gw ??😀

    Posted by Ria | March 7, 2009, 10:03 am
  16. @Ria..
    Kasih jalan dulu buat lala deh…
    secara doi punya blog lebih romantis sekarang.. hehehe

    Posted by p u a k | March 7, 2009, 12:37 pm
  17. La!!!
    kok komen gue sebelumnya ilang!?!?!

    Posted by yessy muchtar | March 7, 2009, 1:09 pm
  18. ouwww..i know…..sorry sorry …:)
    janji gak nulis gituh lagi 😀

    Posted by yessy muchtar | March 7, 2009, 1:16 pm
  19. @puak
    iya deh lala duluan…kan tinggal nunggu dia…:P

    @Yessy
    gw tau yes, lu ngomong apa…
    wakakakaka
    *ketawa guling2 dan ngebayangin lala lagi cemberut*

    ;))

    Posted by Ria | March 7, 2009, 7:15 pm
  20. Ya ini ibaratnya rantai, tul bukan?

    Posted by Deddy Huang | March 12, 2009, 5:29 pm
  21. why married?
    someday, i’ll married someone coz i knew he’ll make me feel complete.
    lumayan cetek ya, ah, buat a 23rd single female, ini cukuplah:)

    Posted by ika | March 16, 2009, 8:11 pm
  22. Saya pikir alasan mengapa menikah jauh lebih sulit daripada mengapa tidak menikah.
    Selama ini alasan untuk menikah didasarkan alasan-alasan normatif, menggunakan acuan norma sosial, adapula yang takut mendapat cap negatif dari masyarakat sehingga mereka memilih untuk menikah. Padahal konsekuensi dari sebuah pernikahan bukan hal yang mudah, sesederhana apapun pola hubungannya, sebab melibatkan bukan hanya diri kita sendiri tapi ada perspektif dan harapan orang lain.
    Pernikahan butuh kesiapan & kemauan entah kapan kesiapan itu datang, atau siap tapi belum mau, bahkan mungkin 2 hal itu tidak datang jua, so what, sebagian orang menganggap dengan sebuah pernikahan kita dapat menemukan diri kita melalui orang lain, tetapi tanpa pernikahan sekalipun temukan dirimu olehmu sendiri dan untukmu sendiri.

    Salam kenal Jeung (^_^)

    I couldn’t agree more🙂
    Seorang teman malah pernah bilang sama saya, “Not until I find the genuine reason to get married, aku nggak bakal menikah…”
    Dia… okay, saya juga, tidak ingin terjebak dengan adat, norma, atau kebiasaan yang berlaku di masyarakat kalau menikah adalah satu keharusan *I mean, kalau masih lajang di usia tertentu, artinya saya adalah perawan tua! oh my!* Saya hanya akan menikah karena saya mencintai pasangan saya.
    Sampai saat ini saya berjuang untuk mengetahui apa keinginan saya sendiri…
    Atau mungkin, saya baru akan menemukannya ketika melihat seseorang itu di depan mata saya. Bisa saja, kan?

    Kalau soal bahagia…
    oh well, saya sudah cukup bahagia dengan makan mi goreng indomie saat perut saya kelaparan, pagi ini… ihihihihi…

    thanks udah berkunjung balik, ya…

    Posted by Animusparagnos | April 21, 2009, 8:28 pm

Leave a Reply

Catatan Harian

March 2009
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Celotehan Lala Purwono

