you're reading...
Thoughts to Share

mari bercermin

Waktu masih duduk di bangku kelas 1 SMU, seorang guru PPKN pernah memberitahu saya soal pepatah terkenal dari mantan presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy yang isinya kira-kira begini:

“Jangan tanyakan apa yang sudah diberikan negara kepadamu, tapi tanyakan, apa yang sudah kamu berikan untuk negaramu.”

Kala itu, saya pikir, pengaplikasiannya hanya melulu di bidang kenegaraan, kepemerintahan, atau urusan patriotisme semata. Toh, sudah jelas-jelas bahwa itu mengatakan bahwa kita tak harus selalu menuntut dan menuntut akan hak. Sebelum kita berkoar-koar soal pemenuhan hak, perlu sekali introspeksi: Sudahkah kita melakukan kewajiban-kewajiban kita? Jika belum, berhentilah menanyakan hak.

Nah, kini, ketika makin dewasa (atau tua, ya? hehe), saya makin ngeh dan paham bahwa sebenarnya, kata-kata fantastis JFK itu bisa diterapkan untuk segala aspek kehidupan. Soal cinta, soal hidup, soal pekerjaan.. soal apa saja yang menyangkut tentang hak, juga kewajiban.

Soal cinta:

Ketika kita mengaduh kesakitan tentang sikap-sikap tak berperasaan kekasih kita, berteriak bahwa kekasih begitu arogan, kasar, dan tak punya hati… tapi pernahkah kita bertanya pada diri kita sendiri: SUDAHKAH KITA MENJADI KEKASIH YANG BAIK?? Yakin sudah menaruh kepercayaan pada kekasih dan tidak gelap mata hanya karena gosip yang tidak jelas asal usulnya? Yakin sudah tidak cerewet terhadap hobi menonton bola kekasih yang sering menyita waktu bersama? Yakin tidak pernah mengeluh ketika harus menemani kekasih di bengkel dan tahu diri untuk tidak belanja terlalu lama karena kekasih tidak suka bengong nggak jelas saat kita memilih-milih baju terlalu rewel?

Soal pekerjaan:

Ketika kita mengeluh soal gaji yang hanya naik sekian rupiah dan tidak sebanding dengan inflasi ekonomi, atau promosi yang tak kunjung datang, atau bos kejam yang pilih kasih…. pernahkah kita bertaya pada diri kita sendiri: SUDAHKAH KITA MENJADI KARYAWAN YANG TELADAN?? Yakin tidak pernah terlambat? Yakin tidak menggunakan jam kerja untuk menelepon anak-istri/suami, adik-kakak, sahabat, tetangga? Yakin, internet kantor tak pernah digunakan untuk browsing yang tidak penting, nulis blog, bahkan chatting??

Soal hidup:

Ketika kita mengeluh soal ekonomi yang pas-pasan, keluarga yang tidak harmonis, cobaan yang terus menerus datang menerpa hidup kita… pernahkah sekalipun terlintas pertanyaan ini: SUDAHKAH KITA MENJADI MANUSIA YANG BAIK? Yakin kita sudah berusaha semaksimal mungkin? Jangan-jangan sudah menyerah duluan padahal belum maksimal. Yakin kita sudah menghargai orang lain sebelum berharap orang lain menghargai kita? Yakin kita sudah berdoa, mendekatkan diri pada Tuhan, dan tidak pernah lupa berucap syukur kepadaNya atas secuil berkah yang diberikan olehNya? Yakin, bukan hanya saat kita sedang butuh saja? Sedang sedih saja?

Mulai sekarang, mari mencoba untuk bercermin dahulu sebelum mengeluh. Tanya dulu pada refleksi kita di situ, apakah pantas kita mengeluh. Sudah sejauh mana kita berusaha sampai akhirnya kita mengeluh tak sanggup? Sudah sebanyak apa yang kita lakukan sampai akhirnya kita merasa tak mendapat keadilan? Sudah cukupkah kebaikan yang kita lakukan sampai harus menuntut hal yang sama?

Sebelum kita meyakini bahwa kita telah melakukan kewajiban-kewajiban kita, berhentilah berteriak menuntut hak. Koreksi diri terlebih dahulu sebelum berkoar-koar soal kecacatan orang lain.

Ayo, mulailah bercermin sekarang juga.

Dengan begitu, mudah-mudahan, kita bisa menjadi manusia yang jauh lebih baik lagi….

Advertisements

About Lala Purwono

Dreamer. Writer. Lover. Follow her twits @lalapurwono.

Discussion

2 thoughts on “mari bercermin

  1. Intinya adalah bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini. Dan lebih menikmati proses dan apa yang sudah Dia berikan ke kita 🙂 Dengan lebih banyak bersyukur, Dia akan lebih banyak memberi pada kita. It’s Law Attraction, rite? 🙂

    Posted by 'B' aka Rere | May 22, 2008, 6:07 am
  2. SUDAHKAH KITA MENJADI MANUSIA YANG BAIK?

    Ahahaha.. jadi kesindir nih, Laa :p

    Posted by Indah | March 9, 2010, 10:48 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Catatan Harian

May 2008
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Celotehan Lala Purwono

%d bloggers like this: