you're reading...
daily's blings, Penting Ga Penting...

hantu

Saat ini saya sedang mencandu dvd serial Ghost Whisperer, sebuah kisah fiktif tentang kecanggihan indera keenam Melinda Gordon, di mana perempuan cantik newly wed ini mampu melihat, mendengar, dan berkomunikasi dengan earthbound ghosts atau hantu-hantu yang belum berhasil crossing over (artinya, masih memiliki unfinished business di dunia sehingga menjadi hantu penasaran).

Di situ Melinda Gordon (diperankan dengan apik oleh Jennifer Love Hewwitt yang juga merangkap sebagai produser — Nice work, Jen! *kayak pernah kenal aja.. hehe*) ‘bertugas’ untuk membantu para hantu tersebut untuk menyelesaikan masalah-masalah mereka di dunia agar bisa dengan tenang meninggalkan dunia lalu menuju cahaya, tempat di mana seharusnya mereka berada.

Banyak permasalahan yang terjadi, misalnya: “tolong sampaikan pada istriku, bahwa aku mencintainya.. meskipun aku sibuk dan selalu lupa waktu… tapi dia selalu ada di hatiku…”

Atau yang sesederhana ini: “Tolong bilang suamiku, kunci safe deposit box-nya ada di kantung mantel warna biruku. Penting, Melinda. Karena disitu ada berkas-berkas penting asuransi yang dia butuhkan…”

Setelah Melinda membantu mereka, menyampaikan hal-hal yang tak sempat tersampaikan, atau mencari tahu hal-hal yang membuat mereka penasaran sampai maut menjemput, atau memastikan bahwa orang-orang terkasih yang mereka tinggalkan bisa melanjutkan hidup dengan bahagia dan tenang… barulah hantu-hantu itu bisa berjalan menuju cahaya mereka, hidup tenang di alam mereka yang sesungguhnya.

Hmmm…

Hantu… Unfinished Business… Hidup Tenang…

Tiga kata kunci itu seakan menimbulkan pemikiran baru di benak saya (well saya sedang butuh distraksi, sehingga memikirkan hal-hal baru, paling tidak, membuat saya berhenti menyakiti diri sendiri).

hantu

Dalam sepanjang hidup ini, sampai detik ini, saya dihantui oleh seorang hantu. Dia menghantui saya, pikiran saya, hari-hari saya, terlebih ketika saya sedang kehilangan arah dan kekasih yang sedang ingin sendiri saja. Limbung, lalu ketakutan.

Dia mengikuti saya, langkah-langkah saya, dan tidak pernah mau berhenti untuk mengacaukan pikiran saya, bahkan ketika saya sedang ingin terpejam dan hilang dalam mimpi.

Hantu itu adalah…

dia, B (maaf, hanya bisa memberi ini), seorang mantan yang kini belum bisa pergi dari ingatan.

unfinished business

Sejak memilih untuk pergi dan menjauh, saya tidak pernah menyangka bahwa dia akan kembali dan menarik semua kata-katanya. Mulai menawarkan harapan akan indahnya masa depan, dan sedihnya, harapan itu terasa manis ketika sang kekasih hampir tak tersentuh. Dia selalu bertanya soal bagaimana caranya membuat saya bisa jatuh cinta lagi, dan saya selalu menjawab tak akan pernah mau memberitahu dia karena cinta adalah soal rasa, hati, dan perfect timing, di mana saat ini saya sedang jatuh cinta dengan orang lain.

Tapi katanya… dia tidak ingin menyerah. Hanya saya saja di hatinya, tidak ada perempuan lain, dan janji-janji surga di bibirnya, hanya menunggu waktu saya bilang, “Iya, saya mau.”

hidup tenang

Hingga kini, B masih menghantui saya. Dia tidak akan berhenti untuk tidak memikirkan saya dan mencoba segala macam cara untuk mendapatkan kepercayaan saya lagi, untuk mendapatkan cinta saya lagi…sehingga dia bisa tenang.

**

Hantu inilah yang sekarang seperti terus menerus menempel di sosok saya, meracuni pikiran saya yang sedang butuh dukungan untuk tetap setia. Yang saya butuhkan ketika sedang berjauhan dengan kekasih adalah rasa percaya, bukan bisikan seorang hantu yang menjanjikan kebahagiaan. Saya butuh kepercayaan, kesetiaan, bukan hasutan seorang hantu yang ingin melumpuhkan langkah kaki saya dan membuatnya memiliki kuasa untuk menopang tubuh saya.

Sayangnya, saya tak bisa berkomunikasi dengan dia. Kalimat apapun yang saya teriakkan dari mulut saya, hanya menjadi denging mengganggu di telinganya. Dia tak pernah mau pergi, dia seolah tak mau mencoba untuk mengerti. Dia hanya ingin saya melemah lalu bilang iya.

Kini, saya butuh Melinda Gordon, yang bisa membantu saya untuk bilang padanya, bahwa saya mencintai kekasih saya, meskipun luka hati menjadi makanan sehari-hari, tapi paling tidak, mimpi-mimpi hidup saya kelak dengan kekasih, jauh lebih indah dari janji-janji surga si Hantu.

Saya ingin Melinda bilang padanya, bahwa percuma saja dia mengusik saya lagi dengan janjinya, di saat yang saya butuhkan adalah kehadiran kekasih, bukan dia. Percuma saja dia minta saya menyebutkan syarat-syarat yang harus dipenuhi, kalau satu-satunya syarat yang saya ajukan adalah seorang kekasih, dan bukannya dia.

Tapi kini,

saya malah merasa kepikiran lagi.

Kenapa?

Karena tiba-tiba saya berpikir.

Jangan-jangan… bukan dia yang menghantui saya, tapi saya yang menghantui si dia.

Bukankah selama ini dia yang merasa terganggu dengan kehadiran saya di dalam hidupnya, dan membuat dia tak bisa mencintai perempuan lain selain saya?

Nah, bagaimana menurut kalian? 🙂

 

Advertisements

About Lala Purwono

Dreamer. Writer. Lover. Follow her twits @lalapurwono.

Discussion

3 thoughts on “hantu

  1. hmm, ghost whisperer, salah satu serial yang aq hindari, I dont like at all.. aneh aja.. try entourage de, keren bo, gw lagi keranjingan, or nip/tuck, keren juga

    Posted by niaalive | April 7, 2008, 4:01 pm
  2. hmm,, sedang ditunggu balasan cintanya yaa,,
    hmm,, aq tidak bisa memberikan komentar, aq sedang ditunggu laporan, hiks

    Posted by niaalive | April 7, 2008, 4:05 pm
  3. godaan selalu ada, bukan. cobalah selami hatimu lagi. mungkin rasa penasaran yang ada hanya karena dulu ada yang tidak rela, ada yang tersakiti saat semua harus berakhir. sudah jadi kodrat manusia, tak kan pernah puas, penasaran akan hal-hal lain, dengan begitu banyak andai-andai yang muncul. manusia kurang bisa bersyukur atas apa yang sudah dimilikinya. ketika Tuhan mengambil sejenak nikmat itu, baru terasa begitu berharganya dirinya.

    nb : kayakna kamu punya semua film serian ya?

    Posted by Rere | April 11, 2008, 5:48 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Catatan Harian

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Celotehan Lala Purwono

%d bloggers like this: