you're reading...
Thoughts to Share

It’s Hard to Stay Positive

Pernah nggak merasa perut tiba-tiba mual, pingin muntah, dan dada berdebar-debar kayak dangdutan ketika mengalami kecemasan yang berlebihan?

Saya pernah. Seringkali. Dan hingga hari ini, kebiasaan itu belum juga minggat dari saya. Dan tentu saja, efeknya sama sekali tidak mengenakkan (well, siapa juga yang menyukai perut tiba-tiba nggak beres dan pingin muntah mendadak?).

Tapi itulah yang terjadi. Dan sering kali terjadi, ketika saya merasa cemas yang berlebihan. Yang paling sering adalah ketika MSS out of reach. Karena saya dan MSS adalah pasien LDR, satu-satunya yang membuat saya selalu terkoneksi dengan dia, selain lewat hati, juga lewat ponsel yang kebetulan tarifnya makin lama makin murah belakangan ini *thanks God*.

Setiap MSS tak menjawab sms/telpon…. saya merasakan kecemasan yang berlebihan. Entahlah. Tiba-tiba sistem pencernaan saya kacau seketika, perut mual, pingin muntah, keringat dingin, dll dsb. Hell, saya merasa seperti perempuan yang sakaw karena cinta, and speaking of which I hate that kind of gal.

Di saat-saat seperti itu, teori bagus seperti di buku Rhonda Byrne yang mengajarkan bahwa pikiran adalah bersifat magnetis yang akan menarik pikiran-pikiran serupa sehingga hal yang ada di dalam pikiran kita akan terjadi (yaa..intinya begini), akhirnya mentah seketika.
Bagaimana saya bisa berpikir positif di saat perut mual dan ingin muntah?

Ketika pikiran saya tak bisa positif, saya memang makin ketakutan. What if she’s (Rhonda) right? Bahwa secuil pikiran negatif yang tadinya hanya bermain-main dalam pikiran saya akan berubah menjadi satu kejadian yang buruk, yang persis sama seperti yang tadinya hanya imajinasi semata?
Makin takutlah saya.

Akhirnya saya pulang dengan beberapa hal berikut masih mengambang di dalam kepala:
– Kalau saya berpikir negatif… akan menarik pikiran negatif lainnya… and boom! Negatiflah yang terjadi.
– Kalau saya berpikir positif (which by the way, it’s so hard)… akan menarik pikiran-pikiran positif lainnya…. and boom! Iya kalau positif yang terjadi? Lah, kalau negatif? ^_^
– Apa sebaiknya saya berusaha saja, tapi tetap melek, tidak mem-pensiundini-kan akal dan logika saya, lalu ikhlas sesuai dengan faham ‘everything’s happened for reasons’?

Lalu saya sampai di kamar. Duduk di depan laptop dan berpikir terus tentang tiga kemungkinan tadi.
Stay positive… be negatif… or try to be happy whatever life’s gonna be?

Hmmm.. until now, saya belum tahu apa yang sebaiknya saya lakukan. Tapi paling tidak, saya berhasil melakukan sesuatu dengan baik.

Ya.
Karena saya sibuk mikirin 3 hal tadi, saya jadi lupa dengan perasaan mual dan muntah yang tadi sempat mengganggu itu. Distraksi itu memang penting, ya? Karena jujur. It’s really.. really hard to stay positive… *damn*

About Lala Purwono

Dreamer. Writer. Lover. Follow her twits @lalapurwono.

Discussion

3 thoughts on “It’s Hard to Stay Positive

  1. Kadang apa yang kita anggap negatif, belum tentu orang lain akan mengganggapnya negatif juga. Sama juga ketika kita anggap positif, belum tentu orang lain akan anggap positif pula. Enggak ada yang pasti positif atau negatif, yang banyak adalah diantaranya, apakah dominan ke negatif atau positif.

    Kalo dianggep sulit ya akan sulit, anggaplah ini sesuatu yang menyenangkan dan usahakan menikmati setiap detik prosesnya🙂 Intinya, hanya mengalihkan pikiran. Dan Aunty berhasil, bukan?🙂

    Posted by Rere | March 11, 2008, 11:56 am
  2. iyaaa, saya juga khusyuk sekali memusatkan pikiran positip untuk menjadi Brand Manager, tapiiiii lamaaaaa yaaaaaa…
    hiks

    Posted by niaalive | March 12, 2008, 10:46 am
  3. Coba deh jeung belajar SEFT. Mungkin membantu.

    Posted by V66 | March 12, 2008, 12:15 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Catatan Harian

March 2008
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Celotehan Lala Purwono

%d bloggers like this: